7 Masalah Kesehatan yang Bisa Menimbulkan Mual di Pagi Hari Selain Kehamilan

Minggu, 28 Juni 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
7 Masalah Kesehatan yang Bisa Menimbulkan Mual di Pagi Hari Selain Kehamilan Ilustrasi mual. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Kondisi mual-mual yang dialami oleh seseorang pada pagi hari sering disebut berhubungan erat dengan kehamilan. Namun ketika kamu merupakan seorang pria, tentu saja kamu tak mungkin mengalami kehamilan.

Kondisi kesehatan yang kamu alami bisa jadi merupakan penyebab munculnya rasa mual dan keinginan muntah di pagi hari. Hal ini tentu bisa sangat mengganggu aktivitas pagi hari yang kamu lakukan.

Sejumlah masalah kesehatan bisa menjadi penyebab terjadinya rasa mual dan ingin muntah yang kamu alami ini. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah masalah kesehatan yang bisa menyebabkan rasa mual dan ingin muntah di pagi hari.

1 dari 3 halaman

Stres, Gelisah, dan Ketakutan

Stres, gelisah, dan ketakutan tidak hanya menjadi masalah di dalam pikiran tapi juga dapat menyebabkan masalah di perut dan usus. Kondisi tekanan ini bisa mengakibatkan munculnya masalah seperti mual, muntah, kembung, diare, dan sembelit.

Keracunan Makanan

Keracunan makanan terjadi ketika makanan yang kamu makan terinfeksi oleh bakteri seperti Campylobacter, Salmonella, Shigella, E. coli, Listeria, dll. Gejala umum dari keracunan makanan adalah demam, sakit perut, diare, gelisah, mual dan muntah.

Alergi Makanan

Mual dan muntah yang kamu alami dapat dipicu oleh jenis makanan. Hal ini terutama dialami oleh orang yang menderita alergi makanan atau intoleransi makanan.

2 dari 3 halaman

Konsumsi Obat Tertentu

Obat nyeri, seperti opioid seperti kodein, hydrocodone, morfin, dan oxycodone, dapat menyebabkan mual atau muntah. Obat non-steroid, obat anti-inflamasi, dan bahkan aspirin juga dapat menyebabkan mual karena mereka bisa menyebabkan iritasi perut atau memperlambat gerakan usus dan menyebabkan kembung.

Migrain

Semua kondisi yang meningkatkan tekanan di dalam tengkorak dapat mempengaruhi cairan di tulang belakang. Lebih lanjut, hal ini dapat menyebabkan mual dan muntah.

3 dari 3 halaman

Flu Perut

Masalah kesehatan ini umumnya dikenal sebagai flu perut. Kondisi bernama viral gastroenteritis adalah infeksi usus yang ditandai dengan diare, kram perut, mual atau muntah, dan kadang-kadang demam.

Gastroparesis

Gastroparesis adalah suatu kondisi ketika otot-otot perut tidak berfungsi dengan baik karena kerusakan saraf. Gangguan seperti dispepsia, penyakit ulkus peptikum, atau irritable bowel syndrome juga dapat menyebabkan mual dan muntah.

Tujuh hal tersebut dapat menjadi penyebab munculnya rasa mual terutama pada pagi hari. Mengetahui secara pasti penyebab munculnya rasa mual ini bisa sangat membantu dalam mengatasi masalah yang kamu alami. [RWP]

Baca juga:
Tubuh Tetap Gemuk Walau Rajin Olahraga? Ini Mungkin Penyebabnya
Pintar Matematika Bisa Buat Seseorang Lebih Mudah Berhenti Merokok
Menurut Dokter, 4 Hal Ini Perlu Dilakukan ketika Kolesterol Naik
Meningkatnya Aktivitas Fisik Bisa Membantu Mengurangi Risiko Sleep Apnea
Cegah Gangguan Psikosomatik dan Stres di Masa Pandemi Bisa Dilakukan dengan Musik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini