6 Makanan laut untuk jantung sehat

Jumat, 1 Februari 2013 14:33 Reporter : Destriyana
6 Makanan laut untuk jantung sehat Ilustrasi udang. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/DesmondLWF

Merdeka.com - Seafood atau makanan laut adalah makanan sehat sekaligus lezat. Selain itu, makanan laut sangat baik untuk jantung sehat karena mengandung kolesterol baik atau asam lemak omega-3. Beberapa jenis seafood, seperti udang dan tiram, juga termasuk dalam kategori makanan yang kaya kalsium lho. Makanan kaya kalsium adalah suatu keharusan bagi wanita yang memiliki tulang lemah. Berikut adalah beberapa seafood sehat juga kaya zinc. Berikut adalah enam makanan laut yang baik untuk kesehatan jantung, seperti dilansir Boldsky.

1. Salmon

ikan ini kerap disebut sebagai makanan untuk memori otak. Salmon mengandung lemak baik dan beberapa vitamin, seperti vitamin A dan D, yang membuat sistem saraf dalam kondisi kerja yang baik.

2. Tiram

Tiram kaya akan kalsium dan seng yang dibutuhkan, baik pria maupun wanita. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap sehat, sedangkan seng baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

3. Kepiting

Kepiting memiliki kandungan tinggi natrium, sehingga Anda tak perlu menambahkan garam ketika memasaknya. Kepiting juga kaya akan asam lemak omega-3 dan juga mengandung banyak protein sehat.

4. Kerang

Kerang mengandung hampir nol lemak dan banyak protein. Makan kerang juga dapat membantu menurunkan berat badan lho. Pasalnya, setelah makan kerang, perut akan terasa kenyang lebih lama.

5. Udang

Udang adalah salah satu makanan laut yang populer karena rasanya yang lezat. Udang memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melawan kanker dan menunda penuaan. Tetapi, pastikan Anda tidak makan udang secara berlebihan sebab dapat memicu alergi.

6. Sarden

The American Heart Association menyatakan bahwa ikan ini termasuk salah satu varietas yang paling bergizi. Sarden mengandung banyak asam lemak omega-3 yang menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Inilah enam makanan laut yang baik untuk jantung. Selain menjaga asupan makanan yang masuk ke perut, jangan lupa untuk rajin berolahraga. [des]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini