6 Hal yang Bisa Menjadi Penyebab Payudara Mengendur pada Wanita

Sabtu, 12 Oktober 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
6 Hal yang Bisa Menjadi Penyebab Payudara Mengendur pada Wanita Ilustrasi Payudara. ©medicalnewstoday.com

Merdeka.com - Penampilan payudara yang tetap bisa membuat wanita menjadi tampil lebih percaya diri. Hal ini juga bisa membantu mereka terlihat lebih menarik di depan suami.

Terdapat berbagai hal dan perubahan yang dialami oleh tubuh wanita. Salah satu masalah yang biasanya dialami oleh wanita seiring waktu adalah kondisi payudara yang mengendur.

Selama ini, mengendurnya payudara ini kerap hanya dihubungkan dengan pertambahan usia saja. Namun pada faktanya payudara mengendur ini bisa terjadi karena sejumlah faktor lain yang bisa kita ubah.

Payudara wanita berisi lemak dan ligamen namun tak cukup banyak memiliki jaringan otot. Seiring perubahan yang terjadi pada tubuh, bagian ini juga bisa mengalami dampak dan mengendur.

Selain usia, Barry Roseman, M.D pakar onkologis dari Piedmont menyebut ada sejumlah faktor risiko lain yang membuat payudara mengendur. Dilansir dari Piedmont, berikut sejumlah faktor yang bisa membuat payudara menjadi kendur.

1 dari 6 halaman

Penuaan

Seiring bertambahnya usia seseorang, ligamen di jaringan payudara menjadi kendur dan kehilangan elastisitas. Hasilnya, payudara menjadi tidak sepenuh pada masa lalu karena sistem penyangga jaringan dan lemak telah menghilang. Hal ini bakal semakin kencang terjadi saat menopause.

2 dari 6 halaman

Gravitasi

Tidak ada benda apa pun di bumi yang bisa melawan gravitasi, payudara juga termasuk di dalamnya. Pada wanita yang memiliki payudara besar, tarikan gravitasi ini bakal semakin kuat dan membuatnya tampak merosot dan mengendur.

3 dari 6 halaman

Pilhan Bra yang Tak Tepat

Menggunakan bra yang menyokong payudara dengan sempurna merupakan hal yang penting untuk menjaga bentuknya.

"Kurangnya sokongan yang layak bakal berdampak dalam 30 hingga 40 tahun. Saya menyarankan wanita untuk mencari ukuran yang tepat secara profesional mengenai bra pada toko lingerie atau pusat perbelanjaan yang menyediakan layanan ini," jelas Dr. Roseman.

4 dari 6 halaman

Merokok

Karsinogen yang terdapat dalam asap rokok bisa menyebabkan terpecahnya elastin di dalam tubuh. Serat elastin ini berguna untuk menjaga elastisitas kulit di seluruh tubuh.

5 dari 6 halaman

Sinar Matahari

Tinggal di negara tropis dengan sinar matahari yang cukup sepanjang hari ternyata juga memiliki bahaya. Sinar ultraviolet diketahui bisa merusak kulit dan menyebabkan hilangnya elastisitasnya.

6 dari 6 halaman

Bertambahnya Berat Badan

Bertambahnya berat bada bisa menyebabkan payudara membesar dan menjadi longgar. Menjaga berat badan sehat bisa membantu wanita menghindari melebarnya badan secara tak tepat ini.

Sejumlah hal tersebut bisa jadi biang kerok mengendurnya payudara wanita. Beberapa hal di atas bisa kamu hindari dan atasi untuk menjaga kondisi payudara agar tetap sempurna. [RWP]

Baca juga:
Pakai Bra Ternyata Buat Payudara Kamu Lebih Kendur
Benarkah Payudara Bakal Ikut Mengecil Ketika Berat Badang Berkurang?
Benarkah pasta gigi bisa memperbesar payudara?
Ternyata ini penyebab utama wanita punya payudara kecil

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini