5 Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Atasi dengan Cara Menangis

Rabu, 30 Oktober 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
5 Masalah Kesehatan yang Bisa Kamu Atasi dengan Cara Menangis Ilustrasi menangis. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/ollyy

Merdeka.com - Bagi banyak orang, terutama pria, menangis merupakan tanda kelemahan sehingga biasanya akan ditahan sekuat mungkin. Menunjukkan air mata dianggap bisa membuat mereka tampak cengeng dan kurang jantan.

Namun sesungguhnya pandangan tersebut telah usang dan ketinggalan zaman. Pada dasarnya, menangis merupakan mekanisme yang dilakukan tubuh manusia ketika merespons berbagai macam hal.

Seseorang bisa saja menangis ketika dia merasa sangat sedih atau sebaliknya ketika hatinya bersuka ria. Air mata yang menetes juga bisa terjadi ketika kamu mengantuk atau ketika terdapat benda asing yang masuk ke mata.

Sejumlah dampak yang diberikan air mata ini bertujuan untuk menjaga kesehatan bola mata. Walau begitu, manfaat dari menangis ini ternyata tak hanya pada mata saja namun juga pada bagian tubuh lain.

Menangis bisa menjaga kesehatan berbagai hal di tubuh kita mulai dari mental hingga fisik. Dilansir dari Brightside, berikut sejumlah dampak kesehatan yang muncul dari tangisan terhadap tubuh kita.

1 dari 5 halaman

Meredakan Stres

Sebuah penelitian pada tahun 2014 mengetahui bahwa menangis bisa membantu seseorang lebih santai dalam melewati masa-masa sulit. Menangis bisa mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik yang berdampak otak menjadi lebih tenang.

2 dari 5 halaman

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa memicu banyak penyakit. Menangis rupanya bisa menjadi cara untuk meredakan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil sehingga kamu bakal lebih sehat.

3 dari 5 halaman

Membersihkan Racun

Air mata yang keluar bisa membersihkan debu dari mata dan bahkan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Pengeluaran racun ini membantu menurunkan tingkat kortisol (hormon stres) dari tubuh sehingga mood bakal membaik. Hal ini menjadi alasan mengapa kita biasanya merasa lebih baik dan lega setelah menangis.

4 dari 5 halaman

Atasi Mood Berubah-Ubah

Perubahan mood yang tiba-tiba pada tubuh bisa terjadi karena terkumpulnya mangan di dalam tubuh. Menangis bisa membantu menghilangkan mangan berlebih dari tubuh melalui air mata. Hal ini bisa membuatmu menjadi lebih tenang, fokus, serta mood-mu tak akan berubah-ubah.

5 dari 5 halaman

Atasi Rasa Sakit

Ketika kita mengalami sakit secara fisik, keluarnya air mata bisa menjadi cara bagi tubuh mengurangi sensasi sakit. Peneliti menemukan bahwa manfaat menenangkan ini muncul karena air mata melepaskan oksitosin dan endorfin yang bisa membuatmu merasa lebih baik dan menghilangkan rasa sakit.

Sejumlah permasalahan yang kamu alami tersebut bisa diatasi dengan tetes air mata. Namun ketika kamu terlalu banyak menangis, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter karena mungkin ada masalah lain yang kamu alami. [RWP]

Baca juga:
Pil Pengembali Keperawanan Dapat Picu Komplikasi Infeksi yang Bisa Berujung Kematian
Begini Cara Tepat untuk Mengetahui Apakah Anak Memiliki Berat Badan Sehat atau Tidak

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini