5 Gangguan mental yang bisa disembuhkan dengan yoga

Senin, 2 Oktober 2017 18:25 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
5 Gangguan mental yang bisa disembuhkan dengan yoga Ilustrasi yoga. ©Shutterstock/Yellowj

Merdeka.com - Yoga adalah jenis olahraga yang dikenal bisa membuat tubuh lentur serta memberikan keseimbangan mental bagi yang mengikutinya. Sehingga tak berlebihan jika yoga sering disebut sebagai obat untuk mengobati penyakit mental.

Dilansir dari medicaldaily.com, berikut adalah beberapa contoh gangguan mental yang dapat disembuhkan secara perlahan dengan rajin melakukan yoga.

Depresi
Yoga telah lama dikenal sebagai olahraga yang efektif untuk mengobati beberapa jenis depresi. Serangkaian penelitian dari Belanda menemukan bahwa yoga akan memberikan kesempatan untuk melepaskan stres dan ketegangan dengan membantu mengalihkan fokus ke gerakan yoga yang membuat tubuh terhubung secara holistik.

"Dengan melepaskan semua energi negatif dan mengalihkan persepsi buruk yang biasanya tidak terkendali, maka pikiran berubah menjadi lebih positif dan suasana hati meningkat."

Kegelisahan
Yoga pun bisa membantu meringankan gejala kecemasan dan depresi. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania pada tahun 2016 menemukan bahwa terjadi penurunan depresi dan kecemasan pada mereka yang rajin beryoga.

Gangguan makan
Terapi yoga ternyata bermanfaat pada pasien dengan gangguan makan atau eating disorder. Berlatih yoga akan membuat pikiran lebih tenang dan selaras. Terjadi kontrol dan kesadaran atas kepemilikan tubuh yang membuat penderita gangguan makan kemudian ingin merawat tubuhnya lebih baik melalui pilihan makanan serta pola makan yang dijalankan.

Skizofrenia
Skizofrenia adalah gangguan mental kronis yang membuat penderitanya mengalami halusinasi, delusi, hingga perubahan tingkah laku. Sebuah penelitian yang ditulis di The Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa program terapi yoga yang dilakukan selama 8 minggu menyebabkan pasien skizofrenia mengalami penurunan pikiran negatif dan perbaikan tingkah laku.

Gangguan stres pasca trauma
Trauma yang dialami bisa membuat orang stres. Namun stres ini bisa dihilangkan dengan rutin melakukan yoga yang membuat pikiran jadi lebih tenang, memunculkan potensi diri, dan membuat orang berani melawan trauma.

Selain gangguan mental di atas, yoga yang rutin dilakukan juga bisa menyembuhkan kecanduan seseorang akan narkoba atau alkohol.



[feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini