5 Alasan mengapa lompat tali adalah olahraga yang mudah dan efektif!

Jumat, 15 April 2016 20:00 Reporter : Indra Cahya
5 Alasan mengapa lompat tali adalah olahraga yang mudah dan efektif! Olahraga lompat tali. © marieclaire.com

Merdeka.com - Jika kamu sudah muak dengan berbagai tipe olahraga yang bikin kamu malas dan jenuh, tidak melakukan variasi adalah hal yang justru akan membuatmu bosan dengan rutinitas olahraga.

Ketika kamu butuh kardio namun kamu malas untuk lari atau pergi ke gym untuk indoor cycling, lompat tali bisa jadi pilihan. Meski tak terlalu populer sebagai kardio yang kita lakukan, ternyata lompat tali disukai oleh para petinju pro, serta model-model Victoria's Secret. Untuk melakukannya pun sama sekali tak susah.

Jika kamu masih kurang yakin untuk melakukannya, Mark Jenkins, pelatih olahraga seleb papan atas seperti Beyonce dan Mary J. Blige, menjadikan lompat tali sebagai salah satu menu utama latihan yang disusunnya. Berikut 5 alasan lompat tali adalah olahraga yang layak untuk dilakukan sehari-hari.

1. Lompat tali manjur diaplikasikan di berbagai level fitness

Meski kamu rutin berolahraga a6 kali sehari, atau bahkan tak pernah berolahraga dalam seminggu, lompat tali adalah olahraga yang cocok untukmu. Jika kamu masih baru, awali dengan 5 menit, dan tambah 2 menit tiap sesinya.

2. Lompat tali membuat denyut jantungmu meninggi

Lompat tali bisa jadi bentuk istirahat aktif, atau jadi olahraga di sela-sela kegiatan gym yang didominasi olahraga duduk.

Hal ini membuatnya sangat efektif untuk tetap membakar lemak dan membangun otot dalam waktu yang sama.

3. Lompat tali adalah bentuk kardio paling cepat dan efektif

Menurut Jenkins, lompat tali yang dilakukan dengan cepat dalam lima menit, setara dengan lari setengah mil hinga satu mil. Sehingga 'skipping' adalah bentuk lebih mudah dari lari, jika kamu sedang bosan 'jogging.'

4. Keharusan untuk fokus membuat hasilnya maksimal

Karena ini adalah olahraga keseimbangan, kamu harus tetap menjaga agar kamu tetap melakukan siklusnya dengan benar, sehingga kamu diharuskan untuk berkonsentrasi lebih.

Jika bersepeda atau treadmill, akan sangat mudah untuk menjaga keseimbangan, beda dengan skipping, satu kali meleset, kemungkinan jatuh akan terjadi. Sehingga jika kamu melakukannya dengan benar, hasil yang kamu dapat tentu lebih efektif.

5. Lompat tali adalah olahraga yang serba guna!

Selain sangat mudah dilakukan, ternyata banyak sekali variasi dalam lompat tali yang bisa kamu lakukan. Jika kamu bertujuan untuk mengecilkan paha, kamu bisa melakukan 'lunge jump' dan squat jump' sembari skipping. Jika kamu ingin membentuk otot perut, lakukan skipping sambil lompat dengan mengangkat kaki hingga di bawah pusar. Atau kamu juga bisa melatih otot betis dan lengan dengan memutarkan tali dua kali dalam satu lompatan. [idc]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini