4 Larangan yang Harus Diketahui dalam Mengonsumsi Cuka Apel

Kamis, 21 Mei 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Larangan yang Harus Diketahui dalam Mengonsumsi Cuka Apel ilustrasi cuka apel. ©Shutterstock

Merdeka.com - Cuka apel merupakan salah satu bahan makanan menyehatkan yang memiliki banyak manfaat. Hal ini membuat cuka apel cukup disarankan dan banyak dikonsumsi dengan tujuan demi kesehatan.

Sejumlah manfaat diketahui bisa diperoleh dari cuka apel ini. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh adalah membantu menurunkan berat badan, menurunkan tingkat gula darah, serta membantu menurunkan tingkat kolesterol dalam darah.

Selain itu, cuka apel juga bisa digunakan sebagai disinfektan karena mampu membunuh bakteri berbahaya. Manfaat lain bisa diperoleh oleh kulit dengan menggunakan cuka apel ini untuk mengobati kulit kering serta eksim.

Berbagai kesehatan dari cuka apel ini membuat banyak orang mengonsumsinya. Walau begitu, sesungguhnya terdapat sejumlah larangan konsumsi cuka apel ini yang tak banyak diketahui orang.

Salah waktu konsumsi cuka apel bisa justru berdampak buruk pada kesehatan. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah waktu kamu dilarang mengonsumsi cuka apel karena dampak buruk yang bisa muncul.

1 dari 4 halaman

Jangan Sikat Gigi Setelah Mengonsumsinya

Hal yang dilarang untuk dilakukan setelah mengonsumsi cuka apel adalah menggosok gigi. Hal ini justru bisa merusak lapisan gigi menyebabkan email menipis, gigi rusak, serta munculnya karang gigi. Setidaknya tunggu hingga 30 menit setelah mengonsumsi cuka apel untuk menggosok gigi.

2 dari 4 halaman

Jangan Diminum Setelah Makan

setelah makan

Hal kedua yang tak boleh dilakukan adalah mengonsumsi cuka apel setelah makan. Sangat disarankan untuk mengonsumsi cuuka apel pada perut kosong untuk mendapat manfaat luar biasanya terutama pada pencernaan.

3 dari 4 halaman

Jangan Diminum Berlebihan

Banyak orang yang menyangka bahwa mengonsumsi cuka apel dalam jumlah besar merupakan cara yang baik. Walau begitu, hal ini sangat tidak disarankan untuk dilakukan terutama bagi seorang pemula. Konsumsi terlalu banyak cuka apel bisa berujung sakit perut atau rasa terbakar di tenggorokan.

4 dari 4 halaman

Jangan Diminum Sebelum Tidur

sebelum tidur

Hal lain yang dilarang untuk dilakukan adalah mengonsumsi cuka apel sebelum tidur. Hal ini bisa membuat cuka apel yang dikonsumsi naik kembali ke kerongkongan sehingga menyebabkan rasa tak nyaman. Disarankan untuk menunggu selama 30 menit terlebih dahulu setelah mengonsumsi cuka apel sebelum tidur.

Sejumlah larangan tersebut penting untuk dipahami seseorang baik sebelum atau setelah mengonsumsi cuka apel. Pastikan untuk mematuhinya agar memperoleh manfaat kesehatannya secara optimal. [RWP]

Baca juga:
Susu Bisa Jadi Pilihan Minuman yang Tepat dan Menyehatkan untuk Berbuka Puasa
Begini Cara Tepat Atasi Ngemil Berlebih pada Masa Pandemi
Deretan Manfaat yang Bisa Diperoleh ketika Buka Puasa dengan Kurma

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini