4 Kesalahan Konsumsi Kentang yang Membuatnya Tak Efektif Menurunkan Berat Badan

Sabtu, 28 Maret 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana
4 Kesalahan Konsumsi Kentang yang Membuatnya Tak Efektif Menurunkan Berat Badan Ilustrasi kentang. © From Away

Merdeka.com - Kentang merupakan salah satu makanan sehat yang bisa sangat bermanfaat bagi tubuh. Tingginya nutrisi serta rendahnya kalori di dalam sayuran ini menjadikannya pilihan yang tepat.

Kentang merupakan karbohidrat kompleks yang bisa berdampak sehat pada seseorang yang mengonsumsinya. Itu lah kenapa kentang sangat cocok dikonsumsi oleh siapapun.

Walau begitu, tak jarang juga orang menyebut kentang sebagai biang keladi berbagai masalah kesehatan. Sayangnya, hal ini terjadi bukan karena kentang yang memang benar-benar buruk namun karena cara pengolahan yang salah.

Kentang sendiri bisa sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan berdasar penelitian tahun 2014. Bahkan terbukti bahwa konsumsi makanan ini bisa menyebabkan bertambahnya berat badan.

Ketika kentang salah diolah, maka upayamu mengonsumsinya untuk menurunkan berat badan bakal jadi berantakan. Dilansir dari Live Strong, berikut sejumlah kesalahan dalam konsumsi kentang yang bisa membuatnya tak efektif dalam menurunkan berat badan.

1 dari 4 halaman

Menggoreng Kentang

Mengolah kentang dengan cara menggoreng merupakan hal yang membuatnya jadi tak cocok untuk menurunkan berat badan. Cara pengolahanan kentang seperti ini bisa menghilangkan dampak positif yang dimilikinya.

Cara Mengatasinya: Jangan goreng kentang dan berhenti menggunakan minyak tidak sehat. Ganti cara pengolahannya dengan memanggang atau menumbuknya.

2 dari 4 halaman

Menjadikan Kentang sebagai Hidangan Pendamping

sebagai hidangan pendamping

Banyak orang yang hanya menjadikan kentang sebagai hidangan pendamping dan bukan sebagai pengganti nasi atau roti. Hal ini rupanya bisa sangat berdampak dalam menurunkan berat badan. Berdasar penelitian, mereka yang mengonsumsi kentang sebagai pengganti nasi bisa lebih mudah dalam menurunkan berat badan.

Cara Mengatasinya: Mulai ganti nasi atau sumber karbohidrat lain yang kamu konsumsi dengan kentang.

3 dari 4 halaman

Tidak Membatasi Porsi

Walau kentang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, namun jika kamu tak membatasi konsumsinya maka hal ini bakal berdampak negatif. Ketika berniat menurunkan berat badan, sangat penting untuk mengetahui serta membatasi makanan yang kamu konsumsi termasuk kentang.

Cara Mengatasinya: Disarankan untuk mengonsumsi empat hingga delapan porsi sayuran seperti kentang seminggu dengan ukuran satu kentang sedang.

4 dari 4 halaman

Tidak Mengonsumsi Kulit Kentang

kulit kentang

Walau sering dibuang, kulit kentang ternyata memiliki dampak kesehatan yang tidak boleh dilewatkan. Kosumsi kulit ini bisa meningkatkan jumlah asupan serat yang bakal sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

Cara Mengatasinya: Hal ini tentu bisa kamu lakukan dengan cara menyisakan kulit kentang ketika mengolahnya. Hanya saja pastikan bahwa kamu telah mencucinya dengan menyeluruh dan benar-benar bersih. [RWP]

Baca juga:
Tinggal di Rumah Saja, Perhatikan Hal Ini dalam Memilih Makanan Kalengan yang Tepat
Deretan Makanan yang Cocok Dikonsumsi Anak untuk Cegah Persebaran Corona
Sebelum Kenalkan Bayi dengan Telur, Ini Sejumlah Hal yang Perlu Orangtua Ketahui
Kondisi Gemuk Bukan Merupakan Penanda Bahwa Seorang Anak Sehat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini