3 Dampak Buruk yang Bisa Muncul dari Kebiasaan Tidur dengan Rambut Basah

Sabtu, 25 Juni 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
3 Dampak Buruk yang Bisa Muncul dari Kebiasaan Tidur dengan Rambut Basah Ilustrasi rambut. ©Shutterstock

Merdeka.com - Rasa lelah dan mengantuk kadang membuat kita kerap ingin bersandar dan memejamkan mata kapan pun. Hal ini juga bisa kamu alami saat baru mandi.

Mandi di sore atau malam hari setelah beraktivitas bisa membuat tubuh menjadi bersih dan rileks. Pada sisi lain, hal ini juga bisa membuatmu semakin mengantuk.

Sayangnya langsung tidur langsung setelah mandi bukanlah sebuah hal yang ideal. Hal ini bisa berdampak buruk terutama ketika kamu baru saja keramas.

Rambut basah bisa menjadi sarang berkembangnya sejumlah organisme seperti bakteri dan jamur. Berkembangnya mikroorganisme mini ini bisa berujung infeksi di kulit kepala.

Sejumlah dampak buruk bisa dialami oleh rambut pada saat tidur dalam rambut basah. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah dampak buruk yang bisa muncul dari kebiasaan tidur menggunakan rambut basah.

2 dari 4 halaman

1. Tumbuhnya Bakteri

Pada saat kamu tidur dalam kondisi rambut basah, panas dari kepala dan air menyebabkan munculnya kelembapan. Sayangnya, kondisi ini bisa menjadi sarang bagi tumbuhnya mikroorganisme.

"Hal ini berujung menjadi tempat yang cocok untuk berkembangnya bakteri dan jamur di bantal," terang Po-Chang Hsu, MD.

Pada kondisi rambut yang setengah kering, kondisi yang sama juga bisa terjadi. Hal ini menyebabkan kondisi yang ideal dan lembap serupa pada saat rambut basah.

3 dari 4 halaman

2. Infeksi Jamur

jamur

Kondisi rambut yang basah atau separuh kering ini tak hanya mengundang munculnya bakteri saja. Hal ini juga bisa menjadi penyebab munculnya jamur pada kepala.

"Tidur dengan rambut basah bisa meningkatkan risiko infeksi jamur di kulit kepala," terang dr. Hsu.

Salah satu jenis jamur yang bisa muncul di kulit kepala adalah Malassezia. Keberadaan jamur ini bisa berujung terjadinya ketombe atau dermatitis.

4 dari 4 halaman

3. Rambut Patah

Ketika berada dalam kondisi basah, rambut berada dalam kondisi lebih rentan rusak. Hal ini bisa membuat rambut lebih mudah bercabang dan patah.

Kondisi ini bisa semakin diperparah dengan gesekan dan gerakan yang kamu lakukan ketika tidur. Hasilnya, rambutmu semakin rentan patah dan mengalami masalah.

Sejumlah dampak tersebut bisa dialami rambutmu pada saat tidur dalam rambut basah. Oleh karena itu, pastikan untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu sebelum tidur. [RWP]

Baca juga:
Jaga Kondisi Rambut saat Berolahraga, 3 Gaya Ini Bisa Kamu Terapkan
Apa Penyebab Kebotakan Dini Pada Laki-Laki? Simak 5 Faktanya
Tanda Tubuh Kekurangan Omega-3, Bisa Sebabkan Nyeri Sendi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini