2 Nutrisi ini Bisa Bantu Kamu Kontrol Kadar Gula Darah

Kamis, 3 Januari 2019 16:15 Reporter : Rizky Wahyu Permana
2 Nutrisi ini Bisa Bantu Kamu Kontrol Kadar Gula Darah Ilustrasi diabetes. ©Shutterstock.com/Piotr Adamowicz

Merdeka.com - Bagi penderita diabetes atau kelebihan zat gula dalam darah, pola dan jenis makan merupakan salah satu faktor penting. Pasalnya, semakin banyak makanan dengan kandungan zat tepung dan zat gula yang tinggi pada saat ini.

Banyaknya jenis makanan ini membuat seseorang kadang tidak menyadari sedang mengonsumsi makanan tinggi gula tersebut. Alhasil, kadar gula darah meningkat yang dapat meningkatkan risiko diabetes.

Penyakit diabetes seringkali dianggap sebagai penyakit silent killer. Diabetes memang tidak langsung membunuh secara cepat seperti penyakit kanker. Namun efek buruknya bisa merusak tubuh kamu secara perlahan.

Selain mengurangi makanan yang tinggi zat gula dan zat tepung serta mengatur pola makan dengan benar, ternyata ada satu lagi senjata alami untuk mengatasi diabetes. Menurut beberapa penelitian, duo zat biotin dan kromium pikolinate mampu mengontrol kadar gula darah seseorang dan dapat menjadi salah satu jalan keluar dari diabetes ini.

Biotin sebenarnya adalah vitamin B yang larut dalam air atau yang biasa disebut dengan vitamin H. Biotin sendiri memiliki fungsi untuk membantu metabolisme protein, asam lemak, leusin, dan karbohidrat yang nantinya akan diubah menjadi energi.

Selain berbagai hal itu, biotin juga memiliki fungsi dalam proses glukoneogenesis dalam pembentukan glukosa. Makanan yang mengandung biotin antara lain cokelat, wortel, stroberi, sayuran hijau, dan gandum.

Sedangkan kromium pikolinate adalah zat alami yang berperan dalam menjaga fungsi normal hormon insulin dalam proses metabolisme. Jenis makanan yang mengandung kromium yaitu brokoli, kacang polong, kentang, apel, dan daging sapi.

Walau memiliki manfaat, sangat penting untuk berhati-hati dalam mengonsumsi kromium. Disarankan untuk mengonsumsi kromium hanya sebanyak 200mcg per hari. Jika terlalu banyak mengonsumsi kromium, maka bisa menyebabkan sulit buang air kecil, mimisan, hingga insomnia. [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini