MERDEKA.COM » REPORTER » CHANDRA ISWINARNO
1850 berita dan foto

    Diterjang banjir & longsor, jalur antar kecamatan di Banyumas putus. Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sejak Jumat (25/11) siang hingga malam menyebabkan beberapa wilayah diterjang banjir dan longsor. Longsor menyebabkan akses antar kecamatan terputus karena ketebalan longsoran.

    Banjir di Kabupaten Cilacap meluas. Sudah tiga kecamatan yang terendam banjir dengan ketinggian permukaan air yang bervariasi.

    Hujan deras, lima kecamatan di Cilacap terkena longsor. Bencana longsor terjadi di wilayah Cilacap bagian barat meliputi Kecamatan Karangpucung, Cimanggu, Majenang, Wanareja dan Cipari. Di Kecamatan Karangpucung mengakibatkan dua rumah warga dan tembok pagar puskesmas rusak.

    Hujan deras, Desa Sidareja dan Gunungreja Cilacap banjir 1 meter. Hujan deras yang kembali turun di Cilacap, Jawa Tengah pada Rabu (23/11) malam mengakibatkan sejumlah kecamatan mengalami bencana banjir. Banjir terjadi akibat luapan sungai yang tidak bisa menampung tingginya debit air.

    Mogok di perlintasan, truk muatan bekatul dituntut PT KAI Daop 5. PT KAI Daop 5 menuntut sopir truk bermuatan bekatul yang mogok di jalur perlintasan langsung 322 Stasiun Kretek 319+8 karena kampas kopling habis. Gara-gara kejadian itu, tiga perjalanan kereta terlambat dan PT KAI DAOP 5 terkena komplain.

    271 Buruh migran Indonesia terancam hukuman mati, Malaysia terbanyak. Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah menyatakan hingga saat ini, sebanyak 271 buruh migran asal Indonesia terancam hukuman mati. Dari jumlah tersebut, banyak di antaranya bekerja di Malaysia.

    Migrant Care sebut aturan larang buruh bercerai langgar HAM. UU itu (Nomor 39 Tahun 2004) kan mengabaikan HAM, mengabaikan buruh migran sebagai subyek.

    Peledakan bom di Gereja Oikumene Samarinda Kalimantan Timur beberapa waktu lalu telah menyebabkan satu balita, Intan Olivia meninggal serta tiga balita lainnya mengalami luka bakar serius. Kejadian itu menimbulkan keprihatinan Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak.

    Meski hari pencoblosan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak masih tiga bulan lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cilacap sudah mulai memetakan tempat pemilihan suara (TPS) di beberapa lembaga pemasyarakatan (lapas) yang ada di Pulau Nusakambangan dan Kota Cilacap.

    KPAI minta Bawaslu jamin anak-anak tak dilibatkan dalam kampanye. Komnas Perlindungan Anak menilai Badan Pengawas Pemilu belum bertindak terhadap pelibatan anak-anak dalam ajang kontestasi politik Pilkada. Jika perlu, Bawaslu mendiskualifikasi kontestan yang melibatkan anak dalam kampanyenya.

    Sawah kebanjiran, petani Banyumas & Cilacap terancam gagal panen. Peristiwa banjir yang terjadi pada Jumat (18/11) di wilayah Banyumas dan Cilacap Jawa Tengah menyebabkan sekitar seribu hektar tanaman padi terancam rusak. Bahkan, ratusan hektare di antaranya dipastikan alami puso atau gagal panen.

    Bocah 9 tahun hanyut ditemukan 3 km dari Pantai Kemiren, Cilacap. Dari laporan yang diterima Basarnas Pos SAR Cilacap, ketinggian ombak saat kejadian berkisar 1,5 meter hingga dua meter terjadi di perairan Cilacap.

    Arist Merdeka mengatakan, selama ini pihaknya menemukan adanya kasus pelanggaran anak sebanyak 21 juta kasus. Pelanggaran terhadap hak anak yang dimonitor dari berbagai lembaga peduli anak yang tersebar di 179 kabupaten/kota di 34 provinsi dari tahun 2010-2016.

    ari laporan yang diterimanya, korban yang masih duduk di bangku kelas 3 SD tersebut pergi bermain bersama empat temannya di Pantai Kemiren.

    Hujan badai, dua petani tewas tersambar petir usai menanam padi. Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banyumas, Heriana Ady Candra mengatakan kedua korban sebelum kejadian sedang beristirahat di areal persawahan. Ady mengemukakan, sekitar pukul 13.00 WIB, korban pamit kepada keluarga untuk menanam padi di sawah.

    29 rumah yang rusak tersebut terjadi di dua dusun, yakni 18 rumah di Dusun Kroya dan tujuh rumah rusak ringan serta empat rusak berat di Dusun Karang Nangka Desa Limbangan.

    Hujan deras yang terjadi di wilayah Banyumas Jawa Tengah sejak Kamis (17/11) siang, mengakibatkan satu warga tewas terseret arus sungai. Korban yang diketahui bernama Silan, warga Desa Watuagung, Kecamatan Tambak itu, tewas setelah terbawa arus Sungai Manggis yang meluap akibat hujan deras sejak Kamis siang.

    Kepala Desa Gebangsari, Rohmat mengatakan banjir yang terjadi di wilayahnya terjadi karena hujan deras yang turun sejak Kamis (17/11), mulai pukul 17.00 WIB hingga malam hari, sekitar pukul 21.00 WIB.

    Hujan deras yang terjadi sejak Kamis (17/11) sore hingga malam, menyebabkan 11 perjalanan kereta api di wilayah Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto terhambat. Kondisi tersebut terjadi akibat bencana longsor yang terjadi di tiga titik rawan sepanjang jalur rel antara Tambak, Banyumas hingga Gombong, Kebumen.

    "Salah satunya karena kali ini merupakan ajang pilkada yang calonnya lebih dekat dan dikenal warga. Sehingga, kami berharap tingkat partisipasinya akan lebih tinggi dibanding saat pemilihan presiden lalu," ujarnya

   1  2  3  4  5  6  7    >>|