MERDEKA.COM » REPORTER » ANISYAH AL FAQIR

Anisyah Al Faqir adalah jurnalis lulusan UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Dia aktif di kegiatan korps sukarelawan Palang Merah Indonesia semasa kuliah. Di merdeka.com, Anisyah kenyang meliput politik dan dinamika saat Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 lalu. Kini dia bertugas di Liputan Khusus.

4181 berita dan foto

    Misalnya obat virus ini ditemukan Maret, maka butuh waktu 6 bulan untuk mengembalikan kondisi seperti semula. Semisal di sektor pariwisata yang terkena imbasnya secara langsung.

    Ke depan, Bank Indonesia memandang nilai tukar Rupiah tetap stabil sesuai dengan fundamentalnya dan mekanisme pasar yang terjaga. Untuk mendukung efektivitas kebijakan nilai tukar dan memperkuat pembiayaan domestik.

    Inflasi inti yang terkendali tidak terlepas dari konsistensi Bank Indonesia dalam mengarahkan ekspektasi inflasi. Termasuk dalam menjaga pergerakan nilai tukar sesuai fundamentalnya.

    Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) Fajar Harry Sampurno mengatakan, salah satu alasan penurunan ini karena banyak investasi yang masuk ke Indonesia dalam bentuk paketan, di mana investor mengerjakan proyek menggunakan peralatan dan mesin yang didatangkan dari negara asal investor.

    Bank Indonesia lantas menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun 2020. Semula diproyeksikan akan tumbuh 3,1 persen menjadi 3,0 persen. Kemudian meningkat menjadi 3,4 persen dari prakiraan semula 3,2 persen pada tahun 2021.

    Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat ada 287.965 yang tidak hadir dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019. Jumlah ini 12,57 persen dari total peserta SKD yakni 3.361.802 peserta.

    Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengatakan hingga saat ini telah ditemukan 5 kasus pelanggaran penggunaan joki di masa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019. Lima kasus itu seluruhnya terjadi di Sulawesi Selatan.

    Dampak virus corona asal Wuhan, China makin mencuri perhatian. Pariwisata menjadi sektor yang paling terdampak signifikan. Pemerintah pun serius melakukan berbagai antisipasi agar tak terjadi kemungkinan terburuk di sektor ini. Meski belum final, beberapa pilihan antisipasi sudah bermunculan.

    Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis persentase kelulusan passing grade (PG) SKD calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019, sampai dengan Rabu, 19 Februari 2020 pukul 17.57 WIB. Di mana, diaspora memiliki tingkat kelulusan sempurna atau 100 persen. Di posisi kedua ialah formasi Lulusan Terbaik yakni 91,52 persen.

    Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat sudah ada 3.361.802 pelamar yang terdaftar sebagai peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Formasi tahun 2109. Jumlah tersebut merupakan data terkini sampai tanggal 19 Februari 2020.

    Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, buka suara terkait implementasi pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) bisa menggunakan Gopay. Menurutnya, pembayaran SPP pakai Gopay itu baru diterapkan di sekolah swasta.

    PT Bank Permata Tbk mencatat laba bersih setelah pajak sebesar 66,5 persen menjadi Rp1,5 triliun di tahun 2019. Terjadi penurunan rasio Non-Performing Loan (NPL) menjadi 2,8 persen dari sebelumnya di tahun 2018 sebesar 4,4 persen.

    Pengamat Ekonomi Chatib Basri mengatakan pelatihan vokasi melalui program Kartu Pra Kerja bisa meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia, sehingga memiliki kemampuan sesuai yang diinginkan pasar. Meski demikian, dia khawatir penganggur muda kurang tertarik untuk mengikuti program ini.

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mencatat kredit macet atau Non Performing Loan (NPL) tahun 2019 sebesar 2,8 persen. Persentase ini dianggap masih dalam batas aman dan sudah memiliki cadangan yang cukup.

    Direktur Unit Bisnis Syariah PermataBank Herwin Bustaman mengaku sedang mempersiapkan diri untuk bertransformasi sebagai bank umum syariah (BUS). Ini sesuai dengan ketentuan UU Nomor 21 tahun 2018 tentang Perbankan Syariah.

    Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso sudah memprediksi perlambatan ekonomi bakal memengaruhi perusahaan. Namun hal ini bukan sesuatu yang baru bagi bank pelat merah ini. Pihaknya sudah sering menghadapi turbulensi seperti ini.

    PT Bank Rakyat Indonesia Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Dalam rapat tersebut menetapkan Kartika Wirjoatmodjo sebagai Komisaris Utama. Seperti diketahui, Kartika saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

    Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (BTN), Pahala N Mansury, mengatakan telah menurunkan suku bunga KPR 15 basis poin (bps) pada Januari lalu. Perseroan berjanji akan terus menurunkan suku bunga hingga akhir tahun. Salah satu faktor pendukungnya ialah fokus perseroan dalam menggenjot dana murah.

    Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan akibat penyebaran Covid-19 atau Virus Corona pertumbuhan ekonomi di China bakal mengalami penurunan. Beberapa negara pun ikut terdampak jika pertumbuhan ekonomi di China mengalami penurunan.

    Program Kartu Prakerja bakal direalisasikan pemerintah pada April 2020 mendatang. Pemerintah diingatkan pentingnya melakukan ujicoba sebelum program tersebut diterapkan secara nasional. Chatib menekankan program pelatihan kerja juga harus menjamin tenaga terlatih diserap perusahaan.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|