MERDEKA.COM » REPORTER » ANISYAH AL FAQIR

Anisyah Al Faqir adalah jurnalis lulusan UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Dia aktif di kegiatan korps sukarelawan Palang Merah Indonesia semasa kuliah. Di merdeka.com, Anisyah kenyang meliput politik dan dinamika saat Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 lalu. Kini dia bertugas di Liputan Khusus.

3874 berita dan foto

    Masa 1920-an, kelompok Arab terbelah dua. Ada golongan Sayid dan Non Sayid. Mereka punya organisasi masing-masing. Ar Rabitah untuk golongan Sayid dan Al Irsyad diisi Non Sayid.

    Banyak tokoh pergerakan lahir dari Tiong Hoa Hwee Kwen. Organisasi mereka bahkan disebut sebagai mata air karena kehadirannya memberi banyak manfaat bagi negeri.

    Hubungan Liem Koen Hian dan AR Baswedan semakin akrab. Persahabatan mereka melampaui batas etnis dan kepetingan kala itu.

    Di tiap pemilu, para menteri turut jadi tokoh andalan pendulang suara. Di beberapa daerah tertinggal, misalnya semakin sering menteri kader partai mendatangi masyarakat, berpotensi suara mereka meningkat.

    Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,4 mengguncang wilayah banten dan berpotensi tsunami. Guncangan terasa hingga Jakarta, Bandung dan sebagian wilayah Jawa Tengah.

    PKS rela jadi oposisi demi keseimbangan. Menjadi pengawas antara niat pemerintah melakukan pembangunan dengan harapan rakyat. Oposisi jadi titik tengah rasional yang dapat menjadi kontrol pemerintah.

    Gejolak pro dan kontra juga terjadi antar partai politik, khususnya di partai koalisi. Perkariban Gerindra dan PKS dianggap merenggang pasca pertemuan tersebut. Padahal hubungan kedua partai ini begitu solid sejak Pilpres 2014.

    Jenazah korban pertama kali ditemukan telah menggantung oleh Nadia, anak sulungnya.

    Bangun koalisi, kalahkan Jokowi. Sejauh ini, hasil survei mereka menyatakan bahwa elektabilitas Prabowo masih tinggi. Tetap menjadi lawan berat Jokowi. Belum ada orang lain memiliki hasil serupa.

    Ragam faktor itu mengakibatkan sumber air kualitasnya menurun. Ditambah besarnya pencemaran limbah rumah tangga atau industri. Lalu terjadi sedimentasi, sehingga air di sungai perlu dilakukan proses tertentu agar bisa dikonsumsi.

    Ketika suhu di dataran tinggi lebih panas, hewan itu akan menyesuaikan diri. Bila proses adaptasi gagal, akan ada dua kemungkinan. Spesies itu pindah tempat atau punah lantaran gagal beradaptasi.

    Peningkatan suhu akibat perubahan iklim juga menyebabkan beberapa penyakit lainnya. Yaitu, infeksi saluran pernapasan (ISPA), malnutrisi yang menyebabkan gizi buruk, penyakit jantung, asma sampai paru-paru.

    Stasiun televisi pertama sekaligus tertua di Indonesia itu kini berbenah. Mengubah wajahnya mengejar perkembangan zaman.

    Sinyal pergantian menteri semakin kuat. Sejumlah nama diprediksi akan kena reshuffle lantaran tak bekerja maksimal dan tersangkut kasus hukum.

    Wacana perombakan pembantu presiden mulai didengungkan. Jokowi-Ma'ruf harus putar otak meramu komposisi jabatan menteri yang diisi partai pendukung maupun profesional.

    Selain nama Bamsoet, Partai Golkar masih punya banyak kader berpotensi menggantikan Airlangga. Misalnya, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Ketua Komisi II DPR-RI Zainudin Amalai, Ketua Komisi III DPR-RI Aziz Syamsudin dan lainnya.

    Riak-riak kegelisahan para kader tak boleh dipandang sebelah mata. Dinamika internal partai merupakan keniscayaan dalam tradisi partai. Sebab Partai Golkar milik kader dengan saham terbesar di tangan kepercayaan rakyat.

    Nekat. Dia putuskan hijrah ke ibu kota. Mencari pekerjaan agar bisa menghasilkan uang. Berharap bisa mengubah nasib dan sukses di kota besar. Seperti impiannya.

    Revitalisasi tiap kampung ini berupa penambahan fasilitas yang belum pernah ada. Dibuat dalam bentuk program jangka pendek.

    Para perusuh ini memang sudah mempersiapkan aksinya dengan matang. Mereka bahkan sudah menyiapkan logistik penyerangan.

 1  2  3  4  5  6  7    >>|