Peralatan yang dibutuhkan saat menyambung pipa PVC

Jumat, 18 Mei 2018 08:00 Reporter : Wuri
Peralatan yang dibutuhkan saat menyambung pipa PVC HL. ©Shutterstock

Merdeka.com - Punya masalah pada instalasi pipa air dan harus menggantinya dengan sambungan baru? Tak perlu panik. Pekerjaan ini bisa dilakukan siapa saja, tanpa harus memanggil tukang pipa untuk membantu Anda. Di jaman yang serba internet, menemukan informasi tentang apa saja begitu mudah. Tinggal Googling saja cara untuk menyambung pipa.

Untuk lebih mudahnya, berikut adalah peralatan yang dibutuhkan saat menyambung pipa PVC. Catat agar bisa melakukannya sendiri.

Pipa PVC

Tentu saja Anda butuh pipa PVC. Sebelum pergi ke toko yang jual pipa PVC, pastikan sudah mengukur agar sambungannya sesuai dengan yang diharapkan. Gunakan Rucika Standard karena memiliki beragam jenis ukuran sehingga lebih mudah untuk dipilih. Selain itu, harga pipa Rucika Standard juga ekonomis sehingga ramah di dompet.

Rucika Standard juga dibuat dari material bahan uPVC (unplastized Polyvinyl Chloride), tanpa timbal, tahan korosi, kuat dan ringan. Yang lebih penting lagi, makin banyak toko yang jual pipa PVC Rucika Standard sehingga lebih mudah untuk dimiliki. Cari tahu lebih lengkap tentang Rucika lewat situs ini.

Lem Khusus Pipa PVC

Sebagai perekat pipa dan fitting-nya, gunakan lem khusus pipa PVC. Lem ini memiliki sifat tahan air sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam menyusun instalasi pengairan di rumah. Untuk hasil terbaik, gunakan TRUGlue dari Rucika, yang dikembangkan secara khusus oleh para ahli agar sesuai dengan daerah tropis. TRUGlue ini berfungsi untuk mensenyawakan (solvent cement) pipa dan fitting PVC.

Gergaji

Gergaji dibutuhkan untuk memotong dan membagi bagian-bagian pipa PVC. Ukur dengan presisi yang pas sebelum memotong pipa dengan gergaji agar instalasi jadi lebih rapi dan efektif, tanpa banyak sambungan yang tidak perlu.

Ampelas Halus

Pilih kertas gosok, atau ampelas yang halus, kemudian gosokkan pada bagian ujung pipa, tiga sampai lima kali dengan gerakan memutar searah jarum jam. Jangan gosok terlalu kuat. Gunakan tenaga secukupnya agar permukaan pipa jadi bersih dan kasar.

Kain Bersih

Kain bersih digunakan untuk membersihkan ujung-ujung pipa yang sudah digosok dengan ampelas halus. Pastikan juga agar tidak ada sisa air, debu dan kotoran yang tertinggal di dalam sambungan pipa agar tidak merusak rekatan pada sambungan.

Itulah lima peralatan yang perlu dipersiapkan sebelum membuat sambungan pipa PVC. Selamat mencoba dan semoga sukses menjadi tukang pipa dadakan. [wri]

Topik berita Terkait:
  1. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini