Temui kader Gerindra, Sudirman Said bawa tiket dan restu Prabowo

Minggu, 13 Agustus 2017 07:10 Reporter : Parwito
Sudirman Said di KPK. ©2016 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Mantan Menteri ESDM Sudirman Said mengaku sudah mengantongi restu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk maju dan bertarung di Pemilihan Gubernur Jateng 2018. Sabtu (12/8) malam, Sudirman Said bertemu dengan struktur dan kader DPD Gerindra Jateng di Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Tadi saya bersyukur karena disambut dengan baik bahkan oleh jajaran pengurus DPC-DPC bagi saya sinyal positif," ungkap Sudirman Said kepada wartawan usai menggelar pertemuan dengan kader dan pengurus DPD Partai Gerindra Jateng di Kota Semarang, Jateng.

Sebagai Ketua Tim Sinkronisasi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, membuat Sudirman Said kerap berkonsultasi dengan Prabowo Subianto. Dalam diskusi itu kerap dibahas juga mengenai persoalan di Jawa Tengah. Di situlah Sudirman Said mengaku mendapatkan restu Prabowo untuk melakukan penjajakan dan turun menyapa masyarakat Jawa Tengah dengan pengawalan kader Partai Gerindra.

"Saya merasa beliau memberi restu penjajakan (dengan Partai Gerindra) di lapangan dan itu yang saya kerjakan," ucapnya.

Dua pekan lalu Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wachid dipanggil langsung menghadap Prabowo. Dia diminta menjelaskan peta politik pertarungan Pilgub Jateng. Dia juga diperintahkan untuk mengawal Sudirman Said dalam pencalonan diri sebagai Calon Gubernur (Cagub) di Pilgub Jateng 2018.

"Beliau (Prabowo) menyampaikan saya diminta untuk konsentrasi untuk partai. 'Coba Mas Sudirman Said ini dikawal di Jawa Tengah sejauh mana respons masyarakat di Jawa Tengah'," ujar Abdul Wachid menirukan perintah Prabowo.

Selain Sudirman Said, sesungguhnya tiga calon lain yang dimunculkan atas usulan para kader dan pengurus dari internal partai. Yaitu Fery Juliantono, Rahayu Saraswati dan Abdul Wachid. Meski Sudirman Said mengaku mendapat tiket khusus dari Prabowo, namun Abdul Wachid menyatakan mekanisme partai dalam pencalonan tetap harus dilalui.

"Tetap berdasarkan survei, nanti kita sama-sama membuat survei dari 4 tokoh sejauh mana mereka ngangkat dan yang paling bagus mereka kita usung," bebernya.

Abdul Wachid menambahkan, selain Sudirman Said, calon Gubernur yang disebut-sebut bakal diusung PKB yakni Marwan Jafar juga sudah melakukan komunikasi dengan Gerindra. Dia memastikan, Gerindra tidak akan mengusung calon sendiri. Gerindra pasti akan mencari mitra koalisi. Sebab, Gerindra hanya memiliki 11 kursi di DPRD Provinsi Jateng. Karena itu belum memenuhi syarat mengusung calon sendiri.

"Karena saya belum punya kursi lengkap masih 11 persen, belum 20 persen jadi kami tidak membuka pendaftaran sehingga kalau lengkap 20 persen mampu mengangkat sendiri otomatis kami membuka pendaftaran," ucapnya. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.