Tantowi akui posisi Dubes Selandia Baru jatah dari Jokowi ke Golkar

Senin, 13 Maret 2017 22:49 Reporter : Rizky Andwika
Tantowi akui posisi Dubes Selandia Baru jatah dari Jokowi ke Golkar Tantowi Yahya. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo melantik politikus Partai Golkar Tantowi Yahya sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Selandia Baru. Tantowi dilantik bersama 16 Duta Besar lainnya di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/3) siang.

Tantowi mengakui ditunjuk menjadi Duta Besar yang berkedudukan di Wellington itu merupakan jatah bagi partainya yang memutuskan keluar dari Koalisi Merah Putih dan bergabung menjadi pendukung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Partai Golkar sebelumnya telah mendapatkan satu posisi Menteri, yaitu Menteri Perindustrian yang dijabat oleh kadernya, Airlangga Hartarto. Jatah Duta Besar untuk Partai Golkar dipercayakan ke mantan Wakil Ketua Komisi I DPR ini.

"Karena sudah menjadi partai pendukung pemerintah, Golkar memiliki hak sama dengan parpol lain yang sudah lebih dulu bergabung. Termasuk Golkar mendapatkan jatah seorang menteri perindustrian, Golkar dapat jatah juga sebagai Dubes," kata Tantowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (13/3).

Tantowi menjelaskan namanya diusulkan oleh Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto untuk menempati posisi Duta Besar. Meski demikian, Tantowi mengatakan menjadi hak prerogatif dari Presiden untuk menentukan siapa yang akan menempati posisi sebagai Duta Besar.

"Urusan Menteri, partai hanya mengusulkan. Itu hak proregratif Presiden. Menteri dan Dubes itu sama, pembantu Presiden," ujarnya.

Ditunjuk sebagai Duta Besar RI untuk Selandia Baru yang merangkap Duta Besar untuk Samoa dan Kerajaan Tonga, Tantowi mengaku telah banyak yang diminta oleh Presiden Joko Widodo. Yaitu, meningkatkan jumlah wisatawan dari Selandia Baru ke Indonesia, peningkatan kerjasama di bidang ekonomi dan diminta untuk dapat meningkatkan beasiswa bagi warga Indonesia. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini