Peta Kemenangan Partai Politik di Pilkada 2020

Rabu, 16 Desember 2020 08:03 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Peta Kemenangan Partai Politik di Pilkada 2020 Pemungutan Suara Ulang di TPS 064 Rawamangun. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Sejumlah partai politik mulai mengklaim kemenangannya secara nasional di pilkada serentak 2020. Mereka mengumumkan kemenangan di sebagian 270 daerah yang melaksanakan Pilkada.

Pamer kemenangan tersebut merujuk hasil hitung cepat atau quick count internal partai. Sementara, di sejumlah daerah KPU belum mengumumkan real count secara resmi. Mereka masih menghitung total suara di provinsi maupun kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada.

Deretan partai politik yang sudah mengklaim kemenangan di seluruh wilayah Indonesia adalah Partai Golkar, Demokrat, NasDem, PPP dan PKS. Berikut hasil klaim kemenangan parpol-parpol tersebut dari 270 daerah yang melaksanakan pilkada.

Partai Golkar: 165 daerah

Di urutan pertama, ada partai Golkar yang mengklaim kemenangan di 165 daerah. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengklaim, berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count pasangan yang diusung Golkar dinyatakan menang sebesar 61,11 persen suara atau 165 daerah.

"Menurut hitung cepat (quick count) dari 270 wilayah yang menggelar pemilihan kepala daerah, pasangan yang didukung Golkar memenangi 165 daerah," kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Kamis (10/12).

Airlangga mengatakan jumlah tersebut telah melampaui target yang telah ditentukan yakni 60 persen. Golkar unggul dalam hitung cepat di enam dari sembilan pemilihan gubernur (Pilgub).

Di antaranya yakni Pilgub Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi Tengah.

"Empat untuk posisi gubernur dan dua untuk posisi wakil gubernur. Capaian ini mengungguli partai-partai lainnya," ucapnya.

Pihaknya juga memenangi pemilihan kepada daerah di tingkat kabupaten dan kota, sebut saja di Tangerang Selatan.

"Salah satu yang paling fenomenal di Tangerang Selatan, saat Golkar sebagai partai tunggal berhasil mengusung Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan memenangi pemilihan di daerah tersebut," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Partai Demokrat: 147 daerah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini