PDIP Klaim Borong 5 Kursi di Dapil Jateng V, Puan Tertinggi

Jumat, 19 April 2019 17:56 Reporter : Ahda Bayhaqi
PDIP Klaim Borong 5 Kursi di Dapil Jateng V, Puan Tertinggi Menko PMK Puan Maharani. ©2019 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - PDI Perjuangan mengklaim menguasai lima kursi DPR RI Dapil Jawa Tengah V, berdasarkan hasil real count internal partai. Ketua DPP PDIP yang juga Menko PMK Puan Maharani mendapatkan suara tertinggi dari daerah yang menyediakan delapan kursi itu.

Hal itu terungkap saat konferensi pers terkait metode real count oleh Badan Saksi Pemilu Nasional PDIP, Jumat (19/4). PDIP memperlihatkan sistem internal mereka menghitung suara yang masuk untuk Pileg dan Pilpres.

"Mbak Puan mendapatkan 48.882 suara," ujar Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Jumat (19/4).

Sedangkan, empat calon legislatif yang lolos berdasarkan data tersebut adalah Aria Bima dengan dengan 19.940 suara, Muchamad Nabil Haroen dengan 1.873 suara, Faozan Amar dengan 1.282 suara dan Alfian Reziani dengan 1.085 suara.

Kepala BSPN PDIP Arif Wibowo menyebut data tersebut diambil berdasarkan salinan C1 yang diterima saksi partai. Di tingkat daerah PDIP memiliki kamar hitung yang memberikan data secara online. Adapun metode hitungan untuk pileg menggunakan Sainte Lague dengan suara masuk 295.593.

Arif mengklaim sistem data yang mereka miliki bisa dipertanggungjawabkan karena berbasis data yang otentik. Pihaknya siap diaudit dan dibandingkan dengan real count KPU.

"Dengan demikian kami TKN berani bertanggungjawab atas sistem metodologi yang kami gunakan untuk menghitung seluruh hasil penghitungan suara di setiap TPS baik pemilu presiden dan pemilu legislatif berbasis C1," ucapnya. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini