Pasangan Incumbent Syahrul-Agus menang Pilgub Sulsel

Kamis, 31 Januari 2013 19:55 Reporter : Andi Angelina
Pasangan Incumbent Syahrul-Agus menang Pilgub Sulsel Syahrul Yasin Limpo. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Pasangan incumbent Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu'mang akhirnya ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel sebagai pemenang dalam pemilihan gubernur Sulsel, Kamis (31/1/2013) sore.

Penetapan pasangan nomor urut 2 ini setelah KPU Sulsel melakukan rapat pleno rekapitulasi suara di 24 kabupaten kota yang dilaksanakan di Hotel Singgasana, Jalan Kajaolalido Makassar.

Ketua KPU Sulsel Jayadi Nas membacakan hasil pleno pilgub Sulsel yang diikuti oleh tiga pasangan masing-masing kontestan nomor urut 1 pasangan Ilham Arif Sirajuddin-Abdul Azis Qahar Muzakkar dengan perolehan suara 1 perolehan suara 1.785.580 (41.57%), pasangan nomor 2 Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang unggul dengan 2.251.407 (52.42%) suara dan pasangan nomor urut 3 Andi Rudianto Asapa-Andi Nawir Pasinringi sebanyak 257.973 (6.01%) suara.

Pembacaan berita acara hasil perolehan suara pilgub Sulsel yang digelar pada 22 Januari 2013 lalu tidak dihadiri oleh saksi pasangan nomor urut 1. Pasalnya, saat pembacaan rekapitulasi untuk kabupaten Bantaeng, saksi nomor 1 walk out karena adanya perubahan jumlah suara dari jumlah suara yang dibacakan saat pleno di kabupaten Bantaeng.

Hamka Hidayat dan Muchsamin walkout merasa dicurangi oleh KPUD Bantaeng yang menambah perolehan suara ke pasangan nomor urut 2. Meski tidak disebutkan jumlahnya, kedua saksi pasangan nomor urut 1 ini mengaku suara nomor urut 2 ditambah, dan berita acara untuk saksi nomor urut 1 juga dimanipulasi.

Syahrul Yasin Limpo dan wakilnya adalah gubernur dan wakil gubernur Sulsel yang masih sampai saat ini masih menjabat. Syahrul adalah ketua DPD I partai Golkar Sulsel. [ian]

Topik berita Terkait:
  1. Pilgub Sulsel
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini