Menantu Bupati Jadi Calon Tunggal Ketua Partai Demokrat Jember

Sabtu, 28 Mei 2022 22:04 Reporter : Muhammad Permana
Menantu Bupati Jadi Calon Tunggal Ketua Partai Demokrat Jember muscab demokrat jember. ©2022 Merdeka.com/permana

Merdeka.com - Try Sandi Apriana, anggota DPRD Kabupaten Jember terpilih secara aklamasi sebagai calon tunggal Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Jember periode 2022-2027.

Terpilihnya TSA sapaan akrabnya, sesuai hasil Musyawarah Cabang 4 serentak DPC Partai Demokrat se-Jawa Timur yang diselenggarakan oleh DPD Partai Demokrat Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya pada Jumat (27/5).

Sandi menjadi calon tunggal setelah didukung oleh seluruh pengurus Partai Demokrat di tingkat kecamatan.

"Alhamdulillah hasil Muscab kemarin saya mendapatkan dukungan penuh dari seluruh DPAC dengan jumlah 31 DPAC di Jember yang menyatakan saya terpilih sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Jember untuk lima tahun ke depan. Insya Allah amanah ini akan saya laksanakan lebih baik lagi dan dapat memenuhi target partai di pemilu yang akan datang," ujar Try Sandi saat dikonfirmasi pada Sabtu (28/5) malam.

Calon tunggal tersebut, nantinya akan terlebih dulu menjalani uji kelayakan dan kepantasan (fit and proper test) oleh DPP Partai Demokrat. Sandi akan menjalani proses tersebut bersama dengan 5 calon ketua DPC Partai Demokrat yang menggelar muscab.

Fit and proper test dilakukan oleh Tim 5 yang terdiri dari Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY); Sekjen DPP Demokrat Teuku Riefky Harsya; Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Herman Khaeron; Ketua DPD Demokrat Jatim, Emil Dardak dan Sekretaris DPD Demokrat Jatim, Reno Zulkarnaen.

2 dari 3 halaman

Fit and proper test tersebut berisi tentang pendalaman visi dan misi bagi para calon untuk memimpin Partai Demokrat.

"Untuk waktu pelaksanaan fit and proper test masih menunggu jadwal," sambung pria yang juga menantu Bupati Jember, Hendy Siswanto ini.

Selaku calon tunggal Ketua DPC Demokrat Jember, Sandi mengaku sudah menyiapkan visi besarnya. Ia antara lain akan memperkuat kapabilitas dan eksistensi Partai Demokrat di Jember.

"Kita ingin menjadikan Partai Demokrat ini sebagai partai politik yang kuat, solid, dan berintegritas. Juga untuk memperjuangkan kepentingan dan aspirasi masyarakat Jember," ujar pria 34 tahun ini.

3 dari 3 halaman

Pada Pemilu 2019 lalu, Partai Demokrat hanya berhasil mendudukkan 2 wakilnya di DPRD Jember. Hal ini jauh dibandingkan dua partai pemenang, yakni PKB dan Partai Nasdem yang masing-masing memperoleh 8 kursi. Kondisi itu yang hendak dibalik oleh Sandi, yang menjanjikan Partai Demokrat keluar sebagai kampiun di Jember.

"Yang pasti pemilu 2024 nanti kita akan upayakan lebih baik dari 2019 yang lalu kita mendapatkan 2 kursi, dan kita menargetkan 2024 menjadi pemenang pemilu serta kader partai Demokrat mampu menduduki sebagai Ketua DPRD Jember," tutur pria yang pernah menjadi model dan presenter stasiun televisi swasta di Jakarta ini.

Sandi menjelaskan, setelah Muscab tersebut maka DPC Demokrat Jember akan fokus menghadapi verifikasi partai politik sebagai tahapan Pemilu 2024 yang dijadwalkan digelar tahun 2022 ini.

"Akan kita lakukan penjaringan setelah dilantik pengurus baru serta menunggu jadwal tahapan-tahapan Pemilu 2024," pungkasnya.

Jika berhasil menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Jember, maka itu akan menjadi jabatan kedua yang diemban Sandy setelah sang mertua memenangkan Pilkada Jember tahun 2020.

Sebelumnya, pada akhir Mei 2020, atau beberapa bulan setelah Hendy dilantik menjadi bupati Jember, Try Sandi Apriana berhasil menjadi Ketua Asosiasi PSSI Kabupaten (Askab) Jember. Sandi saat itu berjanji untuk menghidupkan kompetisi sepak bola di Jember, bersinergi dengan Pemkab Jember.

[rnd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini