Ingin Ikut Pilkada Solo, Gibran Rakabuming Diminta PDIP Jateng Penuhi 24 Syarat

Senin, 2 Desember 2019 22:37 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Ingin Ikut Pilkada Solo, Gibran Rakabuming Diminta PDIP Jateng Penuhi 24 Syarat Gibran Rakabuming Usai Bertemu Megawati. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Jateng, Bambang Hariyanto meminta putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka harus mengikuti mekanisme partainya jika ingin ikut pemilihan wali kota Solo.

"Kalau Gibran mau daftar ya silakan, kita sifatnya penjaringan sepanjang internal memenuhi dan UUD 1945, berkas akan diteruskan ke DPP," kata Bambang Hariyanto di Semarang, Senin (2/12).

Dia mengungkapkan untuk mekanisme partai harus memenuhi sejumlah syarat yang harus dipatuhi bakal calon jika berniat mendaftar DPD Jateng.

"Ada 24 syarat yang harus dipenuhi daftar bacalon mulai dari mengantongi kartu anggota, dan tidak pernah dipidana serta berbagai syarat lainnya," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Pendaftaran Dibuka 6-12 Desember

Meski begitu, ia menyatakan orang luar partai juga boleh nyalon lewat PDIP. Tahapan pendaftaran dibuka 6-12 Desember nanti. "Semua orang boleh daftar. Tidak harus jadi pengurus," ujarnya.

Data yang diperoleh dari tim Bapilu PDIP Jateng, terdapat 20 orang tokoh masyarakat yang mendaftar ke DPC. Untuk Kebumen saja, ada 10 tokoh masyarakat yang turut memasukkan berkas pencalonannya.

"Jadi kalau ditotal semuanya sekarang ada lebih dari 20 orang yang daftar ke DPC. Kebumen ada 10 orang, belum termasuk daerah lainnya," tutupnya. [bal]

Baca juga:
Jelang Pilkada, Bawaslu Solo Waspadai Politik Uang dan Netralitas ASN
PDIP Buat Aturan Pendaftaran Calon Kepala Daerah Melalui DPD dan DPP, FX Rudy Heran
Menakar Peluang Gibran di Pilkada Solo 2020
Sohibul Soal Kans PKS Dukung Gibran di Pilwalkot Solo: Tergantung Suasana Batin DPW
Tanggapi Cuitan Iwan Fals Soal Presiden, Gibran Mengaku Fokus Jadi Wali Kota Dulu

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini