Golkar ingin usung cawapres Jokowi, PDIP tergantung figur

Jumat, 26 Mei 2017 20:01 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Golkar ingin usung cawapres Jokowi, PDIP tergantung figur Jokowi di Jayapura. ©2017 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Partai Golkar berkeinginan mengusung kader internal menjadi pendamping Joko Widodo di Pilpres 2019. Hal itu lantaran dari jauh hari Golkar memantapkan mengusung Jokowi di 2019.

Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Perreira mengatakan sosok yang diajukan harus memiliki kecocokan dengan Jokowi. "Soal cawapres tentu tergantung figur yang diusulkan, apakah sesuai dan cocok dengan capres," kata Andreas saat dihubungi merdeka.com, Jumat (26/5).

Andreas menyambut baik dukungan Golkar kepada Jokowi untuk maju kembali di Pilpres. Namun, dia berharap Golkar konsisten memberikan dukungannya termasuk ikut menyukseskan kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla hingga habis masa jabatan.

"Kita harap dukungan ini juga konsisten dengan dukungan dalam proses pemerintahan Jokowi, sehingga sukses melaksanakan program-program pemerintahannya," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) mengusulkan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar membahas kriteria bakal calon wakil presiden untuk mendampingi Joko Widodo calon presiden pada pemilu 2019. Menurut Ical, akan lebih baik jika bakal cawapres itu dari Partai Golkar.

"Menghadapi pemilu presiden 2019, Partai Golkar sudah memutuskan mendukung Pak Jokowi sebagai capres, tetapi posisi cawapres masih kosong. Apakah Partai Golkar akan mengusulkan satu atau dua nama sebagai bakal cawapres," kata Aburizal Bakrie ketika menyampaikan pidato pengarahan, pada Rapimnas II Partai Golkar, di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Usulan tersebut, kata dia, diserahkan kepada Rapimnas yang sedang berlangsung untuk dibahas. "Tetapi, usulan tersebut sebaiknya jangan sebut nama dulu, tetapi baru sebatas kriteria," katanya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini