Gerindra ragu Prabowo bakal dukung Anies Baswedan nyapres

Sabtu, 7 Juli 2018 10:50 Reporter : Yunita Amalia
Gerindra ragu Prabowo bakal dukung Anies Baswedan nyapres Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - nama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan terus menguat masuk dalam bursa calon Presiden 2019 mendatang. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu disinyalir bakal kembali mendapat motor politik dari Partai Gerindra dalam pencalonannya.

Meski begitu, Wakil Ketua DPP Gerindra Ferry Julianto memiliki pandangan berbeda terkait menguatnya nama Anies Baswedan dalam radar partai besutan Prabowo Subianto itu. Dalam satu acara diskusi di Jakarta Pusat, Ferry mengatakan peluang Anies maju sebagai calon Presiden tidak besar.

"Pastinya Pak Prabowo yang punya kebijaksanaan apakah Anies diikhlaskan (menjadi calon Presiden) pasti Pak Prabowo (mengusulkan) kalau bisa Wakil Presiden enggak mungkin Presiden. Itu agak berat," ujar Ferry, Sabtu (7/7).

Jelang pendaftaran calon Presiden kubu oposisi memang tengah meracik nama-nama capres dan cawapres yang akan diusung. Di antaranya, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Sohibul Iman hingga Zulkifli Hasan dan Ahmad Heryawan. Gerindra, Demokrat, PKS dan PAN tengah rajin komunikasi untuk melawan incumbent Joko Widodo di Pilpres tahun depan.

Gelagat Anies siap nyapres pun kian terlihat. Meski tak terang menyatakan siap nyapres, Anies di beberapa kesempatan menilai, persoalan Pilpres 2019 adalah ranah ketum partai politik. Dari kalimatnya, Anies menyebut semua ketum parpol oposisi sebagai pembimbing termasuk Jusuf Kalla (JK).

"Jadi saya merasa malah semua ini senior-senior yang banyak membimbing, termasuk Pak Prabowo, Pak Amien Rais, Pak JK, Pak Zul. Jadi kita sebagai generasi yang lebih baru, lebih muda, akan selalu mengandalkan pada bimbingan juga dari mereka," ungkap Anies.

Peran JK tak kalah penting bagi karir politik Anies. Di Pilgub DKI lalu, JK secara implisit mendukung Anies Baswedan menumbangkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Dua kali JK dan Anies terlihat satu mobil baru-baru ini. Momen ini kembali menimbulkan spekulasi bahwa JK mendukung Anies maju Pilpres. Terlebih, JK menegaskan tak akan ikut Pilpres 2019, karena ingin istirahat mengurus keluarga. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini