Gatot Pujo Nugroho dilantik jadi gubernur Sumut

Kamis, 14 Maret 2013 12:49 Reporter : Yan Muhardiansyah
Gatot Pujo Nugroho dilantik jadi gubernur Sumut gubernur Sumut dilantik. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi melantik Gatot Pujo Nugroho sebagai Gubernur Sumut. Pelantikan digelar di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (14/3).

Gatot akan menjabat hingga gubernur terpilih untuk periode 2013-2018 dilantik pada Juni mendatang. Sebelumnya, dia hanya menjabat wakil gubernur Sumut untuk periode 2008-2013. Mantan ketua DPW PKS Sumut ini kemudian menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut setelah Gubernur Syamsul Arifin jadi terdakwa kasus korupsi.

Setelah Syamsul dinyatakan bersalah dan putusannya inkrah, Gatot pun menjadi gubernur defenitif. Sempat gagal dilantik di Jakarta pada 28 Februari 2013 lalu, hari ini dia resmi memegang jabatan itu.

"Selamat kepada Saudara Gatot Pujo Nugroho yang dilantik menjadi Gubernur Sumut periode 2008-2013. Saya berharap Saudara dapat menjalankan tugas dengan baik hingga akhir masa jabatan yang tidak begitu lama lagi," kata Gamawan.

Selain Mendagri Gamawan Fauzi, pelantikan juga dihadiri anggota DPRD Sumut bersama sejumlah kepala daerah di Medan. Jajaran Muspida Sumut, seperti Kapolda Irjen Wisjnu Amat Sastro dan Pangdam I BB Mayjen Loudewijk F Paulus juga tampak di sana. Sejumlah kepala perwakilan negara sahabat di Medan juga ikut menghadiri.

Setelah dilantik, Gatot langsung menuju tempat duduk ibu mertuanya. Bersama istrinya, Sutiyas Handayani, Gatot langsung bersujud dan sungkem.

Pelantikan Gatot ini dilakukan sehari sebelum pengumuman pemenang Pilgub Sumut. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut menjadwalkan pleno penetapan pemenang pilkada ini dilakukan di Hotel Grand Angkasa, Medan, Jumat (15/3) besok.

Berdasarkan quick count, Gatot dan pasangannya cawagub T Erry Nuradi menang satu putaran dalam Pilgub Sumut. Jika hasil hitung cepat terbukti, Gatot akan kembali dilantik jadi gubernur Sumut. Dia dan T Erry Nuradi akan memimpin Sumut untuk periode 2013-2018. Pelantikan untuk periode ini dijadwalkan berlangsung sekitar bulan Juni mendatang. [did]

Topik berita Terkait:
  1. Pilgub Sumut
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini