Dewan Pakar Golkar benarkan Novanto tunjuk Aziz Syamsudin jadi Ketua DPR

Minggu, 10 Desember 2017 15:03 Reporter : Wisnoe Moerti
Dewan Pakar Golkar benarkan Novanto tunjuk Aziz Syamsudin jadi Ketua DPR Aziz Syamsuddin diperiksa KPK. ©2017 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin membenarkan kabar penunjukan Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto. Penunjukan itu dilakukan langsung oleh Setya Novanto.

"Memang sudah diteken beberapa hari lalu. Sekarang pun sudah diproses, mungkin sebentar lagi dilantik," kata Mahyudin di sela sosialisasi Empat Pilar MPR di Kabupaten Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur, seperti dilansir Antara, Minggu (10/12).

Dia menuturkan, dengan menunjuk Aziz Syamsuddin, otomatis Setya Novanto mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPR. Penunjukan Aziz sebagai Ketua DPR tidak melanggar aturan karena sampai saat ini Setya Novanto masih berstatus Ketua Umum Partai Golkar, dan jabatan Ketua DPR memang jatah Golkar.

"Itu hak prerogatif Ketua Umum. Apalagi ini kondisinya kan nggak normal, bukan kondisi biasa, jadi sah-sah saja," katanya.

Dalam kondisi normal, mungkin saja Setya Novanto membawa persoalan itu dalam rapat DPP Golkar. Namun, lanjutnya, itu pun untuk kepentingan demokratisasi di partai.

"Tapi sekarang kan kondisinya tidak normal. Tidak masalah Ketua Umum menunjuk langsung ketua DPR penggantinya," kata dia.

Dia yakin penunjukan Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR sudah dipertimbangkan secara matang. Termasuk kapasitas dan kapabilitas Aziz.

"Aziz itu bukan orang kemarin sore. Aziz sekarang Ketua badan Anggaran DPR, sebelumnya pernah menjadi ketua komisi. Wajar kalau sekarang naik jadi Ketua DPR," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fahri Hamzah mengaku sudah mendapat kabar dan informasi perihal mundurnya Setya Novanto dari Ketua DPR. Namun Fahri masih menunggu kabar resmi tertulis dari Novanto.

"Jadi itu adalah tentang status terakhir dari Pak Novanto. Memang ada informasi resmi tapi belum tertulis dari pihak keluarga beliau bahwa beliau sudah tandatangan pengunduran diri," ujar Fahri melalui pesan singkat diterima wartawan, Minggu (10/12).

Kabar ini seolah mengonfirmasi penunjukan Aziz Syamsuddin sebagai pengganti Novanto di kursi Ketua DPR. Menurut Fahri, bisa saja surat resmi dari Novanto sudah dikirim. Tapi belum diterima pimpinan DPR karena Kesekretariatan DPR libur.

Ketua Koordinator Bidang Kesejahteraan Masyarakat DPP Partai Golkar, Roem Kono membenarkan adanya pemberitahuan tidak resmi bahwa Novanto menunjuk Aziz yang saat ini menjabat sebagai Ketua Badan Anggaran DPR tersebut.

"Memang sudah ada pemberitahuan secara tidak resmi bahwa memang betul bahwa ada surat putusan dari ketua umum Setya Novanto menunjuk saudara Aziz. Mungkin beliau mengundurkan diri dan menunjuk Aziz Syamsudin sebagai Ketua DPR," kata Roem di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (9/12).

Roem mengaku belum melihat surat resmi penunjukan Aziz Syamsuddin tersebut dan belum mengetahui pasti apa benar Novanto mundur dari posisi Ketua DPR. Maka, dia menanyakan hal tersebut ke koleganya di partai untuk memastikannya. Beberapa kader membenarkan bahwa benar Novanto menunjuk Aziz sebagai Ketua DPR. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini