Yasonna Segera Umumkan Hasil Investigasi Kesalahan Data Harun Masiku

Rabu, 12 Februari 2020 16:26 Reporter : Ahda Bayhaqi
Yasonna Segera Umumkan Hasil Investigasi Kesalahan Data Harun Masiku Menkumham rapat dengan Baleg DPR. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly segera mengumumkan hasil tim independen yang melakukan investigasi atas kesalahan informasi kedatangan tersangka suap, Harun Masiku.

"Dalam waktu dekat akan kami laporkan," kata Yasonna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (12/2).

Yasonna tak menyebut dengan jelas kapan akan mengumumkan hasil investigasi tim independen. Dia bilang, paling lambat 30 hari sejak tim dibentuk.

"Dalam waktu berapa hari lagi nanti. Selambat-lambatnya 30 hari," kata dia.

Tim independen itu diumumkan Yasonna pada 28 Januari 2020 lalu. Berbarengan saat politikus PDIP itu memberikan pernyataan memberhentikan Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie.

Alasan pencopotan itu, agar tidak ada konflik kepentingan dalam tim independen yang dibentuk untuk mengusut kasus 'delay' melacak keberadaan buronan KPK, Harun Masiku.

"Karena saya mau kita betul-betul terbuka dan melacak mengapa ini terjadi delay, mengapa data tersimpan di PC Bandara F terminal 2. Kalau yang bandara 3 kan beres makanya enggak ada masalah. Tapi terminal 2 ini ada delay," kata Yasonna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (28/1).

1 dari 1 halaman

Data Delay

Ia mengakui ada yang janggal dengan data Harun Masiku yang delay. Awalnya Harun terdeteksi keluar Indonesia pada 6 Januari, itu dirilis tiga hari kemudian. Setelah 15 hari kemudian, baru Imigrasi menyatakan Harun sudah kembali ke Indonesia pada 7 Januari.

"Ada yang janggal makanya saya bilang ini harus tim. Kalau tim saya nanti orang enggak percaya. Maka saya katakan tim Cyber Crime dari Polri. Tim Kemenkominfo yang sangat ahli di situ. Tim BSSN, dan Ombudsman lembaga pengawas birokrasi. Supaya betul-betul independen maka Dirjen Imigrasi difungsionalkan sekarang ditunjuk Plh," tegas Yasonna. [eko]

Baca juga:
Advokat PDIP Penuhi Panggilan KPK Terkait Kasus Wahyu Setiawan
KPK Telisik Mekanisme Menjadi Caleg saat Periksa Eks Kepala Sekretariat PDIP
Eks Staf Hasto Klaim Uang Suap ke Anggota KPU Tak Ada dari DPP PDIP
Pimpinan KPK Disarankan Fokus Cari Harun Daripada Sibuk Safari
Dalami Kasus Suap Wahyu Setiawan, KPK Periksa Eks Kepala Sekretariat DPP PDIP

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini