Wawali Samarinda Tetap Gelar Resepsi Nikah Putrinya Meski IDI Kaltim Minta Ditunda

Sabtu, 21 Maret 2020 19:33 Reporter : Saud Rosadi
Wawali Samarinda Tetap Gelar Resepsi Nikah Putrinya Meski IDI Kaltim Minta Ditunda Dekorasi Resepsi Pernikahan Putri Wakil Wali Kota Samarinda. ©2020 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Wakil Wali Kota Samarinda Barkati, tetap menggelar resepsi nikah putrinya, di Convention Hall Sempaja, Samarinda, Minggu (22/3), setelah menyebar sekitar 8.000 undangan. Padahal, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kaltim Nathaniel Tandirogang, meminta itu ditunda, untuk mencegah sebaran virus Corona (Covid-19).

Salinan undangan didapat merdeka.com, resepsi itu digelar pukul 10.00-17.00 Wita. Tertera undangan diantaranya Gubernur Kaltim Isran Noor, dan Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang.

Beredar surat terbuka Nathaniel Tandirogang sejak pagi tadi, ditujukan kepada Wali Kota Syaharie Jaang. Dia meminta, acara itu ditunda atau dibatasi.

"Iya, itu benar. Itu sebagai bentuk keprihatinan kami, sebagai dokter, yang bertugas di lini terdepan berhadapan dengan pasien. Meski, Kaltim baru 9 pasien positif (Covid-19) hari ini," kata Nathaniel, dikonfirmasi merdeka.com, Sabtu (21/3).

Nathaniel menerangkan, IDI berharap, seluruh masyarakat dan Pemda, merespons untuk mencegah sebaran Covid-19.

"Bagimana kita menghambat agar virus ini tidak menyebar. Persoalannya adalah, klo tidak dihambat, virus ini akan menyebar dengan cepat," ujar Nathaniel.

"Menyebar dengan cepat, tentu akan banyak terjangkit, dan sakit. Banyak yang sakit, tentu butuh rumah sakit, dan ruangan bnyak, butuh dokter banyak, alat juga, APD (Alat Pelindung Diri) juga. Apakah kita siap untuk itu? Itu persoalannya," tambah Nathaniel.

Nathaniel menjelaskan, apabila sudah banyak yang terinfeksi, jumlah dokter medis di Kaltim, tidak cukup menangani pasien. "Sebagai Ketua IDI, saya bersurat terbuka, agar masyarakat tahu. Sebagai tanggungjawab kami sebagai ketua organisasi, melihat bahaya yang mengancam kita," sebut Nathaniel.

"Sesuai yang saya tulis, tunda atau batasi acara itu. Silakan masyarakat menilai. Mudah-mudahan dengan ini, masyarakat yang punya riwayat kontak, punya gejala, mohon tidak datang. Juga, masyarakat yang datang dari daerah positif terjangkit seperti Jakarta, dan Bogor," demikian Nathaniel.

Respons Wakil Wali Kota Barkati

Keterangan tertulis Barkati merespons permintaan Ketua IDI Kaltim Nathaniel, menyebar di kalangan wartawan. Humas dan Diskominfo Kota Samarinda membenarkan itu jawaban dari Barkati. Barkati memastikan, resepsi terus berjalan.

"Menyikapi surat terbuka saudara yang dilayangkan kepada Wali Kota Samarinda, melalui media sosial, acara pernikahan anak saya yang akan berlangsung resepsi nya Minggu 22 Maret 2020, sudah kami persiapkan dengan matang," tulis Barkati.

"Mekanisme penerimaan tamu undangan pada acara tersebut, sudah kami sesuaikan dengan kondisi pada saat ini," ujar Barkati.

Barkati menerangkan, di area gedung, peralatan, dan fasilitas acara telah disemprot dengan disinfektan oleh petugas kesehatan, sesuai dengan ketentuan dari tim kesehatan.

"Wastafel cuci tangan disertai dengan sabun cuci tangan disinfektan. Juga, alat screening pengukur suhu tubuh di setiap pintu masuk tamu undangan," tambah Barkati.

Masih ditulis Barkati, di lokasi acara juga tersedia hand sanitizer sepanjang jalan labirin, setiap area, meja konsumsi, area pelaminan, pintu keluar, dan mobile.

"Kami menugaskan petugas dan sarana medis, tim 4 dokter, 4 tenaga kesehatan, ruang perawatan dan 1 ambulance sesuai dengan protab yang siaga selama acara berlangsung," terang Barkati.

Barkati sendiri, berserah diri kepada tuhan. "Saya bertawakal dan menyerahkan semua kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, yang memberikan sakit, sehat, musibah, dan wabah. Begitu juga hanya Allah SWT yang bisa menghilangkannya," ungkap Barkati.

"Oleh karena itu, mari kita semua berdoa, dengan harapan semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa, memberikan perlindungannya kepada kita semua dan menghilangkan segala wabah penyakit yang ada dari diri kita, keluarga, masyarakat dan negeri kita yang tercinta," tutup Barkati. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini