Wapres Ma'ruf Pimpin Rapat Penanggulangan Aksi Terorisme

Jumat, 15 November 2019 18:55 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wapres Ma'ruf Pimpin Rapat Penanggulangan Aksi Terorisme Wapres Maruf Amin. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menggelar pertemuan terbatas membahas strategi menghadapi terorisme dan radikalisme. Ini adalah rapat pertama kali Ma'ruf membahas soal teroris bersama Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Kepala BNPT, Suhardi Alius serta Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menjelaskan dalam pertemuan tersebut mereka membuat strategi dalam menghadapi terorisme dan radikalisme.

"Jadi kita duduk bersama, kita pertama kali di bawah koordinasi langsung Pak Wapres. Pak Wapres ini meminta masukan sekaligus berdiskusi mengenai pembuatan grand desain, strategi yang lebih komprehensif dalam menghadapi khususnya terorisme," kata Tito usai melakukan pertemuan bersama Wapres di Istana Wakil Presiden, Jalan Merdeka Selatan, Jumat (15/11).

Tito menjelaskan dalam upaya menangkal terorisme perlu ada koordinasi lintas sektoral bukan hanya BNPT dan kepolisian, tetapi juga stakeholders lain.

"Strategi pencegahannya melibatkan banyak sekali stakeholders baik pemerintah, Kemendikbud, Kementerian Agama, kemudian Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Sosial, banyak sekali," ungkap Tito.

1 dari 1 halaman

Bahas Penindakan Aksi Terorisme

Dalam pertemuan tersebut juga membahas terkait penindakan terorisme, apakah perlu penegakan hukum yang keras atau perlu menghadapi persoalan dari luar negeri.

"Ini kemudian kita sepakat di BNPT sebagai sentral utama tapi BNPT mengkoordinir harian dengan semua stakeholder, baik pemerintah maupun non pemerintah tapi di bawah komando atau koordinasi langsung Wapres," ungkap Tito.

Diketahui, dalam rapat tersebut hadir juga Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto. [ray]

Baca juga:
Penggeledahan Berlanjut, 2 Pemuda Diamankan Terkait Bom Mapolrestabes Medan
Wapres Ma'ruf Amin Imbau Guru Ngaji Ajarkan Islam Moderat
Pegawai Krakatau Steel Terduga Teroris Dikenal Terbuka Kepada Warga
Pegawai Krakatau Steel Terduga Teroris Mantan Ketua RT di Lingkungannya
Bos Krakatau Steel Dukung Pencegahan dan Pemberantasan Terorisme

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini