Usai Tinjau Kebakaran Tambora, Sandi Usul Dibuat Kementerian Khusus Bencana

Kamis, 10 Januari 2019 15:13 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Usai Tinjau Kebakaran Tambora, Sandi Usul Dibuat Kementerian Khusus Bencana sandiaga di pasar singgolangit. ©2018 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Cawapres Nomor Urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi lokasi kebakaran di kawasan Tambora, Jakarta Barat, Kamis (10/1). Sandiaga datang bersama politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Abraham Lunggana alias Haji Lulung.

Sandi sempat menyusuri gang di kawasan tersebut dan berbincang bersama warga. Mantan Wagub DKI itu mendirikan posko tambahan untuk membantu warga.

"Saya berharap kita bisa dirikan beberapa posko di sini untuk membantu mereka. Saya sudah lihat tadi posko untuk dapur umumnya sudah disediakan untuk 150 jiwa, makanan 3 kali sehari Alhamdulillah tidak kekurangan apa-apa. Jadi itu saja yang kita harapkan segera bisa pulih masyarakat di kelurahan tambora Jakbar," kata Sandiaga di lokasi.

Dia mengingatkan masyarakat sadar bahaya kebakaran dan bisa bisa mengantisipasi sumber-sumber yang memicu potensi kebakaran misalnya korslet listrik atau kompor.

"Nah ini penataan ulang bukan hanya dari segi fisiknya tapi dari manusianya sendiri bagaimana kebiasaan-kebiasaan untuk lebih disiplin menjaga perabotannya dan menjaga potensi dan mendeteksi secara dini bahaya-bahaya bencana yang ada di sini," ucap Sandi.

Dia menambahkan, jika terpilih menjadi wakil presiden, akan membentuk kementerian yang khusus terkait bencana untuk membantu masyarakat. Sebab selama ini, dia menilai penanganan bencana oleh pemerintah belum terkoordinasi dengan baik.

"Kita lagi mendorong adanya kementerian bencana. Kementerian bencana ini mengintegrasikan beberapa badan ini yang selama ini poksinya (pokok dan fungsi) ada, tapi belum terkoordinasi dengan baik. Jadi salah satu bencana yang kita hadapi di daerah urban seperti ini adalah daerah kebakaran," tegas Sandiaga. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini