Uang suap Rp 10 juta dan dugaan permainan KPU-Panwaslu loloskan Cabup Garut

Minggu, 25 Februari 2018 00:35 Reporter : Aksara Bebey
Uang suap Rp 10 juta dan dugaan permainan KPU-Panwaslu loloskan Cabup Garut ilustrasi korupsi. ©2013 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Perjalanan Pilkada Serentak di Jawa Barat tercoreng dengan dugaan gratifikasi yang dilakukan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwaslu kabupaten Garut. Mereka ditangkap karena diduga meloloskan salah satu Pasangan Calon (Paslon) Bupati Garut.

Diketahui, dua orang tersebut adalah komisioner KPU Ade Sudrajad dan Ketua Panwaslu Kabupaten Garut Heri Hasan Basri. Penangkapan tersebut dibenarkan oleh Kapolda Jabar, Irjen Agung Budi Maryoto.

"Iya benar. Sekarang sedang diperiksa di Ditreskrimum Polda Jabar," katanya via pesan singkat kepada wartawan, Sabtu (24/2/2018) malam.

Penangkapan berlangsung siang hari oleh Satgas Anti Politik Uang Bareskrim Mabes Polri. Agung menyebut keduanya diduga menerima gratifikasi karena meloloskan salah satu paslon. Namun, Agung mengaku belum bisa merinci secara lengkap terkait penangkapan tersebut, termasuk siapa paslon yang terlibat.

Jika terbukti, keduanya melanggar pasal 11 dan atau 12 Undang-Undang Tipikor dan atau pasal 3 dan 5 Undang-Undang TPPU.

Setelah selang beberapa waktu, informasi diterima dari Kabid Humas Kabid Humas Polda Jabar AKBP Hari Suprapto. Dia menyatakan Polisi sudah mengamankan bukti transfer uang kepada Ketua Panwaslu Kabupaten Garut Heri Hasan Basri yang diduga hasil suap dengan nominal Rp 10 juta

"Sudah kita amankan sebagai barang bukti," ucapnya via pesan singkat, Sabtu (24/2/2018).

Selain bukti transferan uang, polisi juga menyita buku rekening dan 4 buah ponsel milik Heri. Sementara dari tangan Ade, polisi menyita satu unit mobil Daihatsu Sigra putih dan tiga unit ponsel.

Polisi masih mendalami atas temuan tersebut. Termasuk mendalami paslon Pilbup yang diduga menyuap keduanya.

"Saat ini kedua tersangka dalam pemeriksaan lebih lanjut di Mapolda Jabar," pungkasnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini