Tujuh pelajar teler usai pesta mabuk lem

Kamis, 16 November 2017 03:02 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Tujuh pelajar teler usai pesta mabuk lem Ilustrasi lem. ©wikimedia.org

Merdeka.com - Anggota TNI dan Polri mengamankan tujuh pelajar yang menghirup lem kayu hingga mabuk di salah satu rumah di Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Rabu (15/11). Penangkapan para pelajar itu setelah petugas gabungan mendapat laporan dari warga ada yang menghirup lem secara beramai-ramai di salah satu perumahan.

"Mendapat laporan tersebut, saya segera memerintahkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk berkoordinasi dengan Polsek Telaga Biru untuk menuju ke lokasi," kata Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) Telaga, Kapten Inf Idjmail Patawe.

Tujuh pelajar yang sedang asyik menghirup lem dalam keadaan mabuk saat petugas mendatangi lokasi. Di lokasi tersebut petugas gabungan menemukan tujuh buah lem kayu yang dihirup oleh para pelajar itu.

"Saat ini mereka telah dibawa ke Polsek Telaga Biru dan menunggu kehadiran orang tua masing-masing untuk diberikan pembinaan," ucapnya.

Diberitakan Antara, dampak negatif menghirup lem bagi kesehatan baik jangka pendek dan jangka panjang. Menghirup bahan adiktif yang berbau tajam atau inhalan seperti lem kayu memiliki dampak negatif bagi tubuh.

Kebanyakan inhalan langsung mempengaruhi sistem saraf dan mengakibatkan perubahan pada cara berpikir. Dampak dalam jangka pendek yaitu hanya dalam beberapa detik saja, pengguna mengalami kemabukan dan efek lainnya seperti yang diakibatkan akohol.

Ada berbagai efek yang dapat dialami selama atau segera sesudah menggunakannya, penggunanya akan berbicara cadel, mabuk, pusing atau penampilan teler, tidak mampu mengkoordinasi gerakan, halusinasi dan khayalan.

Sedangkan efek jangka panjang bagi pengguna yang menghirup lem yaitu kelemahan otot, disorientasi, kurangnya koordinasi, sifat lekas marah, depresi, Kerusakan yang kadang-kadang tidak dapat disembuhkan pada jantung, hati, ginjal, paru-paru dan otak. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Razia Miras
  2. Razia Pelajar
  3. Gorontalo
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini