Terkait Penangkapan Terduga Teroris, Sultan HB X Minta Jaga Warga Dimaksimalkan

Selasa, 6 April 2021 03:31 Reporter : Purnomo Edi
Terkait Penangkapan Terduga Teroris, Sultan HB X Minta Jaga Warga Dimaksimalkan Sultan HB X keluarkan Sapa Aruh. ©2021 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Densus 88 Antiteror Mabes Polri melakukan sejumlah operasi penggeledahan dan penangkapan terduga teroris. Operasi Densus 88 ini dilakukan sejak Jumat (2/4) hingga Minggu (4/4). Menanggapi operasi Densus 88 ini, Gubernur DIY, Sri Sultan HB X pun angkat bicara. Sultan meminta agar warga memaksimalkan pemberlakuan Jaga Warga. Jaga Warga ini dinilai Sultan mampu memperketat pengawasan di lingkungan masing-masing.

Sultan menuturkan Jaga Warga ini dibentuk di level kelurahan atau desa. Nantinya Jaga Warga ini akan berada di bawah koordinasi pejabat di level desa.

"Mungkin per kelurahan 25 orang untuk kerukunan warga dan sebagainya. Mereka yang bertanggung jawab di bawah koordinasi pejabat setempat di level desa," ujar Sultan, Senin (5/4).

Program Jaga Warga telah ada payung hukumnya yaitu Peraturan Gubernur (Pergub) DIY Nomor 6 Tahun 2019. Program ini telah diinisiasi sejak 2015 silam dengan tujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tiap-tiap wilayah.

Terkait operasi Densus 88 di DIY, Sultan menyebut dirinya tak tahu detailnya. Sultan pun belum mengetahui apakah yang diamankan Densus 88 adalah warga asli DIY atau justru pendatang.

"Saya enggak tahu persis (operasi Densus 88 di DIY). Itu (yang diamankan) memang orang Yogyakarta (DIY) atau memang non-Yogyakarta tapi ndelik (sembunyi) atau memang dia berdomisili di Yogyakarta. Baik orang Yogyakarta asli maupun pendatang. Saya kan enggak tahu persis itu," ucap Sultan.

"Kalau saya dengan ditangkap itu malah senang. Dalam arti kecenderungan-kecenderungan untuk terjadi sesuatu yang menimpa Yogyakarta kan berkurang," imbuh Sultan. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini