Terima Muhammadiyah Award, Gubernur DIY dedikasikan untuk Sultan HB VII

Jumat, 17 November 2017 22:47 Reporter : Purnomo Edi
Terima Muhammadiyah Award, Gubernur DIY dedikasikan untuk Sultan HB VII Sultan HB X Terima Muhammadiyah Award. ©2017 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Gubernur DIY yang juga merupakan Raja Kraton Yogyakarta mendapatkan penghargaan Muhammadiyah Award. Penghargaan ini diberikan oleh Muhammadiyah dalam rangka perayaan Miladnya yang ke 105, Jumat (17/11).

Selain Sultan HB X, ada dua penerima Muhammadiyah Award lainnya. Kedua orang tersebut adalah peneliti asal Jepang Profesor Mitsuo Nakamura dan tokoh NU Jawa Tengah, KH Ahmad Roemani.

Penghargaan kepada tiga tokoh yang dianggap memiliki kontribusi dalam dinamika perjalanan Muhammadiyah ini diserahkan langsung oleh Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Pagelaran Kraton Yogyakarta.

Dalam sambutannya usai menerima Muhammadiyah Award, Sultan HB X menuturkan bahwa penghargaan yang diterima sejatinya adalah penghargaan pada Sultan-sultan pendahulunya. Utamanya adalah Sultan HB VII yang dimasa kepemimpinannya lahirlah Muhammadiyah.

"Penghargaan ini sejatinya adalah penghargaan pada pendahulu saya. Yang antara lain adalah Sultan HB VII hingga Sultan HB IX. Utamanya adalah Sultan HB VII yang telah mendorong KH Ahmad Dahlan ke Mekah dengan semangat bersatu untuk merajut ukhuwah. Akhirnya KH Ahmad Dahlan menanamkan dasar pada Muhammadiyah," ungkap Sultan, Jumat (17/11).

Sultan menerangkan jika penghargaan yang diterimanya mengingatkan agar hubungan antara Kraton Yogyakarta dengan Muhammadiyah bisa makin dipererat. Sehingga, lanjut Sultan, bisa menjadi sebuah kesatuan entitas.

Dalam pidatonya, Sultan juga sempat menyitir ucapan KH Ahmad Dahlan. "Dadio Kyai Kanggo Kemajuan. Ojo Kesel Nyambut Gawe Kanggo Muhammadiyah" [rzk]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini