Sultan HB X setuju pembangunan Tol Yogyakarta-Solo-Semarang

Senin, 25 Juni 2018 20:23 Reporter : Purnomo Edi
Sultan HB X setuju pembangunan Tol Yogyakarta-Solo-Semarang Sultan HB X

Merdeka.com - Pembangunan tol yang menghubungkan Yogyakarta-Solo-Semarang akan segera direalisasikan. Hal ini setelah ada kesepakatan antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan, nantinya ada dua jalan tol yang akan dibangun. Yaitu Tol Yogyakarta-Solo dan Yogyakarta-Semarang.

"Kami sudah ada kesepakatan dalam pengembangan Yogya dan kawasan Joglosemar (Jogja, Solo dan Semarang). Jalan Tol Yogya-Solo akan melewati Prambanan," ujar Sultan saat acara Syawalan di Pemkab Bantul, Senin (25/6).

Raja Keraton Yogyakarta ini menyampaikan meskipun akan melewati daerah Prambanan, tetapi nantinya tidak akan dilakukan pembebasan lahan untuk pembangunan tol tersebut. Hal ini dikarenakan di kawasan Prambanan masih banyak situs-situs bersejarah yang belum teridentifikasi.

"Resikonya sangat berat untuk mengizinkan pembebasan tanah untuk melewati Prambanan. Sehingga pilihan yang diambil, yang sudah kita sepakati dengan pemerintah pusat di atas ring road ada (tol layang). Dari Ring Road Utara akan lewat ke Jalan Yogya-Solo yang di atasnya akan ada jembatan untuk tol," ungkap Sultan.

Sultan menambahkan untuk tol Yogyakarta-Semarang pun juga telah disepakati dengan pemerintah pusat. Nantinya tol ini akan mengambil rute Semarang-Bawen-Secang-Borobudur-Yogyakarta.

"(Jalan tol) Borobudur ke Yogya itu kira-kira lewatnya di sebelah utara markas TNI (Kompi Kavaleri Panser 2/BS) yang ada di Demak Ijo (Gamping, Sleman). Tapi itu elevated (layang), di atas untuk nyambung di Ring Road Utara sebelah barat. Lewat di atas sungai Selokan Mataram. Itu sudah disepakati untuk tol," tutup Sultan. [cob]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini