Selidiki Pemerkosaan Mahasiswi UGM di Pulau Seram, Polda DIY Periksa Warga Sekitar

Senin, 21 Januari 2019 17:54 Reporter : Purnomo Edi
Selidiki Pemerkosaan Mahasiswi UGM di Pulau Seram, Polda DIY Periksa Warga Sekitar Ilustrasi Pemerkosaan. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Polda DIY terus berupaya mengungkap kasus dugaan pemerkosaan mahasiswi UGM saat menjalani KKN di Pulau Seram pada 2017 yang lalu. Polda DIY menerjunkan tim penyidik ke Pulau Seram guna melakukan penyidikan di tempat kejadian perkara (TKP).

Tim penyidik ini dipimpin langsung oleh Direktur Reskrimum Polda DIY, Kombes Pol Hadi Utomo. Hadi terbang langsung ke Pulau Seram untuk mendatangi TKP yang berada di Kabupaten Seram Barat.

"Saya cek TKP. Saya berangkat Senin kemarin. Saya lihat rumahnya. Saya kumpulkan orang-orang kampung di sana. Sehingga tahu bagaimana peristiwa itu terjadi," ujar Hadi di Mapolda DIY, Senin (21/1).

Hadi menyebut lima orang saksi yang merupakan warga di sekitar lokasi KKN korban dan terduga pelaku telah dimintai keterangan. Kelima saksi ini dianggap tahu tentang peristiwa terjadinya dugaan pemerkosaan yang dialami oleh mahasiswi UGM.

"Saya tidak bisa mengungkapkan siapa kelima saksi itu karena bagian dari materi penyidikan. Nanti akan kita beritahukan siapa-siapanya setelah ini," terang Hadi.

Hadi menambahkan dari hasil penyidikan memang ada peristiwa antara korban dengan terlapor. Meskipun demikian Hadi belum bisa menyebut apakah peristiwa itu masuk ke pemerkosaan ataukah ke pencabulan.

"Peristiwanya memang ada. Untuk mengatakan peristiwa itu pemerkosaan atau pencabulan itu belum," tutup Hadi.

Polisi Gandeng Pakar

Untuk mengungkap kasus dugaan pemerkosaan tersebut, Polda DIY menggandeng pakar hukum dari berbagai universitas.

"Penyidik gandeng banyak pakar hukum dari UII, UI dan Airlangga. Kita akan buat perkara ini menjadi terang benderang. Jadi satu perkara yang terang benderang. Peristiwanya apa dan mengapa terjadi," ujarnya.

Meskipun demikian Hadi enggan menyebut ada berapa jumlah pakar hukum yang dilibatkan. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini