Sekolah dan Pesantren di Jabar Diproyeksikan Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19 Massal

Selasa, 27 Juli 2021 00:00 Reporter : Aksara Bebey
Sekolah dan Pesantren di Jabar Diproyeksikan Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19 Massal Vaksinasi Covid-19 di Bandung. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sekolah dan pondok pesantren di Jawa Barat diproyeksikan menjadi salah satu tempat vaksinasi massal Covid-19 mulai Agustus mendatang. Langkah ini sebagai upaya mempercepat dan memperluas jangkauan vaksin.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai, semakin banyak sentra vaksinasi diharapkan memudahkan akses masyarakat mendapat layanan penyuntikan, sehingga bisa mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity).

"Mulai bulan Agustus sudah kami siapkan sekolah dan pondok pesantren untuk dimanfaatkan sebagai tempat vaksinasi. Kalau di tempat pesantren dan sekolahnya ada tempat yang memadai untuk sentra vaksinasi itu bisa dilakukan dan ujungnya juga kan untuk mengurangi kematian," kata Ridwan Kamil, Senin (26/7).

Di sisi lain, Ridwan Kamil meminta dukungan dari berbagai pihak dalam upaya mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi Covid-19. Sebab, fasilitas yang dimiliki Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar, baik puskesmas maupun rumah sakit, hanya dapat menampung 60 persen pasien.

"Sehingga di akhir tahun tingkat vaksinasi naik, dan tingkat kematian menurun, karena ada dukungan 60 persen fasilitas Pemda dan 40 persen dukungan dari masyarakat," tuturnya.

TNI AU Selenggarakan Vaksinasi Massal

Sementara itu, TNI Angkatan Udara menyelenggarakan vaksinasi massal di Hanggar Depohar 10 Husein Sastranegara, Kota Bandung. Mereka menargetkan penyuntikan vaksin kepada 4 ribu jiwa selama dua hari kegiatan.

"Vaksinasi di Lanud Husein saat ini menargetkan sebanyak 4 ribu dosis vaksin dalam 2 hari," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara Marsma Indan Gilang Buldansyah.

Baca juga:
Wagub Ungkap 40 Persen Peserta Vaksinasi Covid-19 di Jakarta Bukan Warga DKI
Menkes Sebut 45 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia Pada Agustus 2021
CEK FAKTA: Hoaks China dan Rusia Tidak Wajibkan Vaksin Covid-19
Tercecer di SMKN 1 Depok, Ratusan Jarum Suntik Bekas Vaksin Dibuang ke Tempat Sampah
Jangan Panik, Ini Hal yang Perlu Dilakukan jika Tubuh Alami Reaksi Usai Vaksin
Prediksi WHO akan Muncul Varian Baru, Jokowi Minta Patuhi Prokes & Percepat Vaksinasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini