Ryamizard Ryacudu akan Temui Menhan Vietnam Selesaikan Insiden KRI Ditabrak

Minggu, 5 Mei 2019 20:33 Reporter : Merdeka
Ryamizard Ryacudu akan Temui Menhan Vietnam Selesaikan Insiden KRI Ditabrak Ryamizard Ryacudu. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Sudah sepekan kapal Republik Indonesia (KRI) Tjiptadi-381 ditabrak Kapal Coast Guard Vietnam. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, mengatakan akan bertemu dengan Menhan Vietnam.

Dia menegaskan, akhir bulan nanti, akan ada pertemuan dengan menteri-menteri Pertahanan se-ASEAN, disana dia akan ajak bicara Menhan Vietnam.

"Akhir bulan ini saya akan ada pertemuan dengan menteri-menteri Pertahanan se ASEAN. Nanti kita ketemu dengan Menhan Vietnam," ucap Ryamizard di Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Dia menuturkan, masalah ini akan diselesaikan dengan baik. Pasalnya Indonesia dan Vietnam saling bersahabat.

"Akhir bulan ini, kita selesaikan baik-baik. Kita bersahabat, jangan bermusuhan," pungkasnya.

Diketahui, insiden ini terjadi lantaran setelah KRI Tjiptadi-381 menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam BD 979 yang diduga mencuri ikan di Laut Natuna Utara, Sabtu 27 April, sekitar pukul 14.45 WIB.

12 ABK Kapal Vietnam sudah diamankan dan diserahkan ke Lanal Ranai guna proses hukum selanjutnya. Meski pihak Vietnam mengklaim wilayah tersebut merupakan perairannya, berdasarkan lokasi penangkapan, kejadian berada di Perairan Indonesia.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [ded]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini