Ratusan Warga Terdampak Banjir Rob di Pesisir Semarang Dievakuasi

Senin, 23 Mei 2022 21:58 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Ratusan Warga Terdampak Banjir Rob di Pesisir Semarang Dievakuasi Banjir Rob di Semarang. Antara

Merdeka.com - Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Jateng mengerahkan anggota untuk membantu evakuasi warga terdampak banjir rob di pesisir Kota Semarang, area pelabuhan Tanjung Emas dan kawasan industri Jawa Tengah. Total ratusan orang yang sudah dievakuasi menggunakan perahu karet.

"Total karyawan kawasan berikat PT Lamicitra yang telah dievakuasi hingga petang ini mencapai 600 orang. Evakuasi dilakukan menggunakan 2 unit perahu karet dan sejumlah rompi pelampung dilakukan secara sinergi dari petugas Polrestabes Semarang, Polair, BPBD, dan stakeholder terkait," kata Direktur Polair Polda Jateng Kombes Hariadi, Senin (23/5).

Dalam proses evakuasi oleh petugas di kawasan berikat PT Lamicitra terdapat pekerja wanita yang lemas.

"Pekerja yang kondisinya lemas saat dievakuasi langsung dibawa ke dermaga Nusantara dan dinaikkan kapal patroli Polair dengan nomor lambung KP IX 2010 untuk selanjutnya dibawa ke dermaga KPTE guna mendapat penanganan lebih lanjut," ungkapnya.

Sementara Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas (KPTE) AKP Firdaus Yudhatama melaporkan kronologi banjir rob yang melanda kawasan pelabuhan. Dalam laporannya diungkapkan banjir rob diketahui terjadi pukul 14.10 WIB.

"Informasi dari warga tembok pembatas antara kawasan berikat PT Lamicitra dengan sungai atau laut jebol sehingga air laut masuk ke kawasan berikat Lamicitra," kata Firdaus Yudhatama.

Mengetahui air rob yang melimpah ke dataran, pihaknya berkoordinasi dengan pengelola Kawasan Berikat PT TEPZ dan pihak PT Pelindo guna mengoptimalkan mesin pompa. Karena ketinggian air semakin parah mencapai 1,5 meter selanjutnya bekerjasama dengan stakeholder terkait dilakukan evakuasi para pekerja.

"Kami minta pengguna jalan yang melintas di sekitar Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas agar hati-hati dalam berkendara," katanya.

Baca juga:
PLN Putus Aliran Listrik di Area Terdampak Banjir Rob Semarang
Banjir Rob di Semarang, Ganjar Minta Pemda Siapkan Posko Darurat untuk Evakuasi Warga
Tanggul Laut Tambak Mulyo Jebol, Banjir Rob Terjang Kawasan Tanjung Emas Semarang
Waspadai Potensi Rob di Selatan Jabar, Jateng dan Yogyakarta
Sudah Tiga Hari Banjir Rob Terjang Permukiman Warga Aceh

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Banjir ROB
  3. Semarang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini