Quick count Pilwalkot Bandung, Oded-Yana unggul 51,4 persen

Rabu, 27 Juni 2018 21:54 Reporter : Dian Rosadi
Quick count Pilwalkot Bandung, Oded-Yana unggul 51,4 persen Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial. ©2016 merdeka.com/andrian salam wiyono

Merdeka.com - Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung nomor urut 3, Oded M Danial-Yana Mulyana berada di posisi teratas untuk hitung cepat (quick count) Pilwalkot Bandung 2018.

Berdasarkan data yang masuk hingga pukul 19.50 WIB, Lembaga Survei Polsight menempatkan pasangan Oded-Yana berada di posisi pertama dengan raihan suara 51,4 persen. Di posisi kedua ditempati pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna sebesar 26,2 persen dan pasangan Nurul-Ruli sebesar 22,4 persen. Progres suara yang telah masuk sebesar 94 persen

"Hasil quick count sampai pukul 19.50 WIB ini pasangan Nurul-Ruli 22,4 persen, Yossi-Aries 26,2 persen, Oded Yana 51,4 persen," ujar Direktur eksekutif Polsight Yusa Djuyandi kepada wartawan, Rabu (27/6).

Yusa mengatakan, suara yang diperoleh pasangan Oded-Yana unggul jauh dibandingkan dua paslon lain. Salah satu faktornya kata Yusa yakni kepercayaan masyarakat kepada sosok Oded yang dinilai sebagai sosok yang dinilai mampu melanjutkan kepemimpinan di Kota Bandung. Apalagi Oded telah meniliki pengalaman menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung.

"Saya melihatnya pertama, karena tidak terlepas dari Mang Oded sebagai Wakil Wali Kota Bandung, wakilnya Kang Emil di Bandung. Apa yang sudah dilalukan Kang Emil langkah baiknya dilanjutkan oleh orang yang tahu kerja di pemerintahan seperti apa. Kemudian tahu bagaimana situasi dan kondisi kota Bandung. Jadi kalau dialihkan kepada orang lain belum tahu secara mendalam khawatir akan terbengkalai," katanya.

Selain itu lanjut Yusa faktor lainnya yakni faktor intensitas komunikasi politik pasangan Oded-Yana kepada masyarakat. Komunikasi pasangan Oded-Yana baik secara personal maupun tim dinilai mampu merebut hati masyarakat Kota Bandung.

"Jadi kedua, karena faktor intensnya komunikasi politik pasangan Oded-Yana ke masyarakat baik secara personal maupun tim," ucapnya.

Lebih lanjut Yusa mengatakan, hasil quick count yang dirilis hari ini tidak berbeda jauh dengan hasil survei yang telah dilakukan sebelumnya. Sebelumnya Polsight merilis hasil survei Pilwalkot Bandung dimana hasilnya pasangan Oded-Yana berada di posisi teratas di angka 50 persen.

"Hasil quick count ini sebenarnya hampir sama seperti rilis yang kita lakukan saat survei pilwlakot pada awal bulan Mei. Dari data Polsight pasangan ini memeroleh suara 51 persen," ungkapnya. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini