Profil George Toisutta, Mantan Jenderal TNI yang Punya Karier Cemerlang dan Pintar

Rabu, 12 Juni 2019 10:52 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Profil George Toisutta, Mantan Jenderal TNI yang Punya Karier Cemerlang dan Pintar George toisutta. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Dunia militer berduka. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia pada Rabu (12/6), pukul 05.25 WIB di RSPAD Gatot Subroto. George meninggal akibat kanker usus.

Sebelum meninggal George terbaring lemah di rumah sakit. Tubuhnya yang gagah runtuh akibat penyakit yang dideritanya. Berikut profil George Toisutta.

1 dari 4 halaman

Kasad Era SBY

George Toisutta merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). George diangkat menjadi Kasad pada tahun 2009.

George dilantik oleh SBY pada November 2009 menggantikan Jenderal TNI Agustadi Sasongko Purnomo. George menjadi Kasad hingga 30 Juni 2011.

2 dari 4 halaman

Pernah Menjabat Panglima Kostrad

Kepergian George Toisutta menyisakan duka bagi keluarga dan orang-orang yang mengenalnya, terutama di dunia militer. Banyak jasa yang diberikan George selama menjadi abdi negara.

Sebelum menjadi Kasad, George pernah menjabat sebagai Panglima Kostrad pada tahun 2007 hingga 2009. Dia mengemban jabatan itu menggantikan Erwin Sudjono panglima sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Lulusan Akmil 1976

George Toisutta tinggal kenangan. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) berpulang di usia 66 tahun. Pria kelahiran Makassar, 1 Juni 1953 itu merupakan lulusan Akademi Militer, Magelang pada tahun 1976.

4 dari 4 halaman

Pernah Jadi Komisaris Utama

Karier George Toisutta di militer terbilang moncer. Dia sempat menjadi Panglima Kostrad dan Kasad. Tak hanya di militer, George juga pernah berkarier di bidang lain. Dia pernah menjadi komisaris utama di OSO Group.

OSO Group merupakan perusahaan bergerak di bidang pertambangan, perkebunan, transportasi, property dan perhotelan. OSO Group perusahaan milik Oesman Sapta Odang (OSO). [has]

Baca juga:
Penyebab Kanker Usus Seperti yang Diderita Mantan Jenderal TNI George Toisutta
Mantan KSAD Jenderal (Purn) George Toisutta Tutup Usia
Prabowo Jenguk Jenderal (Purn) George Toisutta yang Terbaring Sakit di RSPAD
KH Tholchah Hasan, Menteri Agama Era Gus Dur Meninggal Dunia
Bupati Ende Tutup Usia Saat Menjalankan Tugas Negara di Kupang

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini