Plt Kalapas Gunung Sindur Sebut Pembebasan Ba'asyir Masih Dalam Proses

Jumat, 18 Januari 2019 21:39 Reporter : Radeva Pragia Bempah.
Plt Kalapas Gunung Sindur Sebut Pembebasan Ba'asyir Masih Dalam Proses Yusril bertemu Abubakar Baasyir. ©Istimewa

Merdeka.com - Pembebasan tanpa syarat terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir belum dapat dipastikan waktunya, meski telah mendapat restu Presiden Joko Widodo. Plt Kepala Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur Agus Salim mengaku masih menunggu perintah dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), terkait surat pembebasan terhadap Ba'asyir.

"Kapasitas pembebasan tanpa syarat ini kan masih proses, belum dilakukan. Eksekusinya belum, jadi kami tidak akan panjang lebar," ucap Agus, Jumat (18/1).

Meski begitu, Agus tak menampik jika seluruh proses tahapan pembebasan tanpa syarat Ba'asyir sudah diselesaikan, termasuk proses negosiasi.

Sambung Agus, pihaknya kini hanya tinggal menunggu surat perintah pembebasan yang dikeluarkan oleh Kementerian.

"Mekanismenya kita tunggu dari pimpinan kami, khususnya ini kan perintah Presiden. Tugas kami hanya mengawal dan mengamankan," kata Agus.

Pembebasan terhadap Ba'asyir dilakukan setelah Jokowi menyetujui hal tersebut. Salah satu pertimbangan Jokowi untuk membebaskan terpidana berusia 81 tahun itu karena rasa kemanusiaan dan kondisi kesehatan. [cob]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini