PIA DPR gulirkan gerakan menanam 1.000 pohon

Selasa, 13 Februari 2018 20:41 Reporter : Fikri Faqih
PIA DPR Gulirkan Gerakan Menanam 1000 Pohon. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR menggelar Gerakan Menanam 1000 Pohon. Ketua PIA DPR Lenny Bambang Soesatyo mengatakan, program itu sebagai bentuk kepedulian para istri wakil rakyat terhadap lingkungan hidup.

Menurut Lenny, Gerakan Menanam 1000 Pohon yang diluncurkan di Kompleks Parlemen Senayan hanya sebuah awal. "Ini merupakan bentuk dukungan PIA terhadap gerakan Menanam Satu Juta Pohon yang telah dijalankan oleh pemerintah," ujar istri Ketua DPR Bambang Soesatyo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/2).

Lenny menegaskan, peluncuran Gerakan Menanam 1000 Pohon bukanlah seremoni sebagai formalitas belaka. Sebab, PIA DPR juga akan terus memantau dan merawat bibit pohon yang sudah ditanam.

"Jangan sampai selalu dicanangkan gerakan menanam tanpa kita tahu apakah tanamannya tumbuh dengan baik atau malah mati," jelas Lenny yang didampingi Wakil Ketua PIA DPR Grace Fadli Zon dan Ista Agus Hermanto itu.

Sedangkan, Lisa Robert Kardinal yang dipercaya sebagai pelaksana kegiatan Gerakan Menanam 1000 Pohon menjelaskan, Kompleks Parlemen Senayan dipilih sebagai lokasi pencanangan program itu karena dianggap sebagai lingkungan terdekat. Selanjutnya, PIA DPR akan menanam di lokasi-lokasi lain.

"Lokasi Ini dipilih dengan pertimbangan merupakan lokasi terdekat. Selanjutnya, beberapa daerah telah ditentukan untuk penanaman berikutnya, yaitu kompleks Rumah Jabatan Anggota DPR Kalibata, Ulu Jami dan lingkungan di sekitar Wisma Griya Kopo," ujarnya.

Ketua Ikatan Istri Fraksi Partai Golkar (IIFPG) itu menjelaskan, bibit yang ditanam antara lain jambu, jeruk, durian, lengkeng, matoa, alpukat, rambutan, sawo, kedongdong, zaitun, nangka serta beberapa tanaman keras. Yaitu tanaman yang mempunyai manfaat dalam kurun waktu panjang.

Dia mengharapkan pesan tentang peduli lingkungan yang diusung Gerakan Menanam 1000 Pohon bisa meluas di masyarakat. "Kesadaran dan kepedulian masyarakat akan lingkungan harus tetap digalakan mengingat beberapa bencana seperti banjir dan longsor diakibatkan kurangnya kepedulian terhadap lingkungan," pungkas Lisa. [fik]

Topik berita Terkait:
  1. DPR
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini