Periode Kedua, Menlu Retno Akan Perkuat Diplomasi Ekonomi Luar Negeri

Rabu, 23 Oktober 2019 15:18 Reporter : Supriatin
Periode Kedua, Menlu Retno Akan Perkuat Diplomasi Ekonomi Luar Negeri Menlu Retno Marsudi. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan, fokus utamanya dalam periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diplomasi ekonomi luar negeri. Retno Marsudi menjadi salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2014-2024 dilantik Presiden Jokowi hari ini.

"Yang jelas adalah bahwa diplomasi ekonomi akan terus kita lakukan," kata Retno di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10).

Menurut Retno, diplomasi ekonomi luar negeri itu diperkuat setelah pada periode pertama pemerintahan Presiden Jokowi kementerian luar negeri telah berperan dalam politik luar negeri maupun dalam negeri. Presiden Jokowi pun meminta dalam periode kedua kepemimpinannya khususnya terkait perekonomian diperkuat.

"Jadi begini politik luar negeri itu kan kepanjangan dari politik dalam negeri jadi presiden dalam lima tahun lalu. Kita sudah coba berbuat banyak baik dari sisi perlindungan terhadap NKRI, perlindungan WNI, diplomasi ekonomi, dan kontribusi kita untuk kawasan dan dunia internasional," ujar dia.

Menurut Retno, dalam pertemuan setelah perkenalan menteri-menteri, Presiden memberi arahan mengenai upaya untuk meningkatkan perdagangan maupun investasi. Retno menambahkan politik luar negeri adalah kepanjangan politik dalam negeri.

"Dalam 5 tahun ke depan ini kita sudah pastikan bahwa diplomasi ekonomi kita akan kita perkuat karena presiden sudah menyampaikan bahwa diplomasi ekonomi perlu diperkuat dan tadi sampaikan lagi mengenai masalah perdagangan, investasi dan sebagainya tentunya ada bagian yang harus dilakukan di dalam negeri dan ada bagian dari pekerjaan rumah diplomat untuk memperjuangkan ke luar negeri," tandasnya. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini