Penjambret kalung nenek 80 tahun ditangkap saat sembunyi di kebun kelapa

Senin, 27 November 2017 13:58 Reporter : Abdullah Sani
Penjambret kalung nenek 80 tahun ditangkap saat sembunyi di kebun kelapa Ilustrasi borgol. ©2013 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Anggota Polsek Mandah menangkap seorang petani pelaku begal di Parit Benteng Desa Bedari Tanjung Datuk Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Tersangka inisial Ar alias Ba (41), warga Desa Lahang Hulu Kecamatan Gaung, ini sebelumnya membegal seorang nenek berusia 80 tahun.

"Tersangka Ar diduga menjadi pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan alias begal terhadap seorang perempuan tua berusia 80 tahun, Salma," ujar Kapolres Indragiri Hilir AKBP Dolifar Manurung kepada merdeka.com, Senin (27/11).

Korban merupakan warga Parit Sanggul Dusun Bedari Desa Bedari Tanjung Datuk Kecamatan Mandah. ‎Peristiwa itu terjadi pada Minggu (26/11) pagi, saat korban sedang melintas di jalan setapak dalam kebun kelapa di Dusun Bedari Desa Bedari Tanjung Datuk.

"Ketika itu Salmah bermaksud mengunjungi anaknya yang bernama Alan (59), yang masih tinggal satu desa dengan korban. Perjalanan menuju rumah Alan harus ditempuh korban dengan melewati jalan setapak di dalam kebun kelapa," kata Dolifar.

Di tengah perjalanan, korban berpapasan dengan seorang pria yang sempat menanyakan tujuan korban. Korban menjawab akan ke rumah anaknya.

Korban kemudian meneruskan perjalanannya. Tiba-tiba dari arah belakang, korban merasa ada yang menarik secara paksa kalung yang ada di lehernya. Saat korban berbalik, terlihat yang menarik kalungnya adalah pria yang tadi menegurnya.

Tersangka lalu kabur ke arah Parit Benteng dengan membawa kalung jarahannya. Tak tinggal diam, korban lalu menjerit meminta pertolongan. Namun karena suasana pagi itu sepi, tak ada orang yang mendengar jeritan korban.

"Korban kemudian langsung menuju ke rumah anaknya dan menceritakan peristiwa yang menimpanya sambil menyebutkan bahwa tersangka tersebut memakai kaos oblong berwarna merah. Alan lalu meneruskan laporan itu ke Polsek Mandah," kata Dolifar.

Mendapat laporan tersebut, Kapolsek Mandah lalu memerintahkan Personel Polsek Mandah dipimpin Kanit Reskrim Bripka Syamsul Mazus, dibantu Bhabinkamtibmas Desa Bekawan Brigadir Rahmat Hidayat, untuk melakukan penyelidikan dan menelusuri keberadaan pelaku.

"Dari keterangan korban dan saksi, diketahui tersangka masih bersembunyi di dalam kebun kelapa di daerah Parit Benteng. Setelah dilakukan penyisiran, akhirnya tersangka Ar, dapat dibekuk tanpa perlawanan," ucap Dolifar.

Saat digeledah, ditemukan barang bukti kalung emas milik korban dalam keadaan putus, disimpan di dalam celana dalam tersangka. Akibat kejadian tersebut korban menderita kerugian seuntai kalung emas seberat 4,5 mayam, serta uang Rp 7.875.000.

"Saat ini tersangka Ar alias Ba, bersama barang bukti, sudah diamankan di Mapolsek Mandah, untuk proses penyidikan lebih lanjut," pungkas Dolifar. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini