Pengungsi Banjir di Samarinda Butuh Perlengkapan Bayi dan Wanita

Selasa, 11 Juni 2019 01:34 Reporter : Saud Rosadi
Pengungsi Banjir di Samarinda Butuh Perlengkapan Bayi dan Wanita Warga Samarinda Korban Banjir Butuh Bantuan. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Arus pengungsi korban banjir di Samarinda, Kalimantan Timur, terus meminta upaya evakuasi kepada tim SAR gabungan sampai malam ini. Banyaknya bayi, balita dan perempuan, memerlukan bantuan perlengkapan selain logistik makanan.

"Benar. Sampai sekarang ini, informasi kami terima permintaan bantuan untuk evakuasi ke sejumlah posko pengungsi, terus berdatangan," kata petugas Pusdalops BPBD Kalimantan Timur, Muriono, kepada merdeka.com, Selasa (10/6) malam.

Di posko pengungsian simpang remaja misalnya, telah didirikan dapur umum, untuk keperluan logistik makanan siap makan. "Distribusi kepada korban banjir yang masih bertahan di rumah, dilakukan pendampingan TNI dan Polri," kata Muriono.

"Selain itu juga, dari pantauan kami, yang paling diperlukan adalah perlengkapan bayi dan perlengkapan kebutuhan khusus wanita," ujar Muriono.

Muriono juga menerangkan, banyaknya permintaan logistik makanan siap makan seperti nasi bungkus, memang belum terdistribusi maksimal. "Hari ini, sudah didistribusikan 20 ribu nasi bungkus di berbagai dapur umum," tambahnya.

Sementara itu, Camat Samarinda Utara Syamsu Alam melansir, di wilayahnya ada ada 3.974 Kartu Keluarga atau sekitar 9.328 terdampak banjir sedemikian parah dua hari ini. "Ini masih data sementara," kata Syamsu.

Namun sayang, belum diketahui pasti jumlah korban banjir lainnya di kecamatan Sungai Pinang dan kecamatan Samarinda Ulu, yang juga terendam banjir hingga 2 meter.

Banjir di Samarinda, disebabkan luapan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Karang Mumus (SKM), usai 4 jam diguyur hujan deras sejak pukul 02.00-06.00 WITA, Minggu (9/6) dini hari kemarin. Sedikitnya 5 kelurahan di 3 kecamatan, dan lebih dari 15 ribu jiwa terdampak banjir. Sampai pukul 20.30 WITA malam ini, warga terus bergerak mengungsi lantaran ketinggian air tak kunjung surut. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir Samarinda
  2. Banjir
  3. Samarinda
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini