Pencuri Motor Tewas Ditembak Polisi di Depok Simpan Jimat di Dompet

Selasa, 19 November 2019 20:32 Reporter : Nur Fauziah
Pencuri Motor Tewas Ditembak Polisi di Depok Simpan Jimat di Dompet Pelaku pencurian sepeda motor di Depok ditembak polisi. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Anwar Aminudin (20), selalu membawa jimat saat melakukan aksi pencurian motor. Namun aksinya itu terhenti setelah ditembak polisi hingga tewas ketika beraksi di Jalan Raya Bogor KM 31, Cisalak, Cimanggis, Depok, Senin (18/11) malam.

Selain berbekal senjata api revolver rakitan, pria asal Lampung itu menyelipkan jimat berupa kain putih yang dijait tangan dengan benang hitam. Jimat itu disimpan dalam dompetnya dan selalu dibawa kemanapun dia pergi. Namun jimat itu kini harus berpisah dengan Anwar karena pria tersebut sudah tewas. Sedangkan jimat kecil tersebut disita polisi.

"Betul ada (jimat) yang dibawa pelaku. Dia simpan dalam dompet," kata Kapolres Metro Depok AKBP Azis Andriansyah, Selasa (19/11).

Polisi menduga jimat itu dibawa agar pelaku selamat ketika beraksi. "Kami kurang tahu kegunaanya apa. Kemungkinan untuk keselamatan dia (pelaku)," ujar dia.

1 dari 2 halaman

Melawan saat Ditangkap

Selain membawa jimat dan senpi, pelaku juga membawa bekal kunci letter T. Saat beraksi, pelaku selalu bersama temannya. Pada kejadian Senin (18/11) malam di Cimanggis pun Anwar beraksi bersama temannya menggunakan sepeda motor. Namun, rekannnya itu melarikan diri ketika petugas sibuk melawan Anwar yang sempat mengarahkan senpi pada petugas.

"Sudah dilakukan pengejaran namun belum berhasil diamankan," katanya.

Petugas terpaksa melakukan tindakan tegas terukur pada pelaku karena pelaku mengancam keselamatan petugas. Pelaku mengeluarkan senjata dan mengarahkan pada petugas. Sebelumnya, kedua pelaku diikuti ketika hendak mencuri sebuah motor di Cimanggis. Lalu mereka merasa diikuti dan akhirnya lari.

"Ketika dikejar, pelaku mengeluarkan senpi. Ketika itu posisi pelaku dan petugas sudah sangat dekat, dia (pelaku) merasa terpojok dan mengeluarkan senpi. Maka dari itu petugas langsung melakukan tindakan tegas terukur," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Pelaku Anggota Bandit Kerap Beraksi di Depok

Dikatakan Azis bahwa pihaknya tidak akan mentolerir pelaku kejahatan yang sering meresahkan warga. Tindakan tegas terukur telah berkali-kali dilakukan petugas terhadap penjahat jalanan.

"Sudah empat kali kami lakukan tindakan tegas terukur. Jadi kawanan penjahat jangan main-main disini karena kami tidak segan melakukan tindakan tegas terukur," ucapnya.

Dari catatan kepolisian, Anwar merupakan anggota komplotan bandit yang kerap melakukan aksi kejahatan di wilayah Depok dan sekitarnya. "Mereka beraksi di Mekarsari, Jatijajar, Tapos serta wilayah sukmajaya di antaranya Cilodong," pungkasnya. [gil]

Baca juga:
Begal Motor Modus Jebak Korban Lewat Akun Medsos, 3 Pelaku Ditangkap di Surabaya
Pengemudi Taksi Online Kritis Usai Ditusuk 27 Kali oleh Penumpangnya
Sempat Bersembunyi, Pembegal Tas Ditangkap Polisi di Kamar Mandi
Takut Tertangkap, Pencuri Motor Nekat Sembunyi di Tengah Hutan
Dua Pekan, Polrestro Depok Amankan 25 Pelaku Kejahatan
Meski Kena Tikam, Driver Ojol di Pekanbaru Gagalkan Pembegalan
Begal Tas di Garut Ditangkap Usai Kejar-kejaran dengan Polisi

Topik berita Terkait:
  1. Begal Motor
  2. Depok
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini