Pencarian 3 Turis China Hilang di Perairan Sangiang Serang Ditargetkan 7 Hari

Jumat, 8 November 2019 21:03 Reporter : Dwi Prasetya
Pencarian 3 Turis China Hilang di Perairan Sangiang Serang Ditargetkan 7 Hari Ilustrasi Garis Polisi. ©2015 merdeka.com/afif

Merdeka.com - Pencarian tiga warga China hilang saat menyelam di Perairan Sangiang, Kabupaten Serang, Banten, terus dilakukan. Pencarian sudah memasuki hari keenam, namun tim SAR belum berhasil menemukan ketiga turis asing tersebut.

"Untuk sementara kabar terbarunya operasi SAR sudah dilakukan hanya hasil masih nihil. Baik dari udara, permukaan air dan dalam air," kata Kepala Basarnas Banten Zaenal Arifin, Jumat (8/11).

Zaenal menjelaskan, jika proses pencarian hingga hari ketujuh belum membuahkan hasil proses pencarian akan dihentikan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur.

"Kalau sudah 7 hari kita akan melakukan evaluasi menyeluruh dan memutuskan nanti apa dihentikan atau ada pertimbangan lain untuk dilanjutkan. Kalau misalnya sudah dinyatakan sudah maksimal kita hentikan," ujar dia.

Berdasarkan hasil evaluasi setiap harinya, kendala yang dihadapi tim saat melakukan pencarian yakni cuaca ektrim. Apalagi, arus bawah laut di sekitar lokasi hilangnya sangat kencang sehingga menyulitkan.

"Kalau problem ruas area kita ini relatif sangat luas, kemudian bahwa penyelam (korban) ini termasuk dia menggunakan alat selam yang dalam posisinya komplit. Artinya posisinya ada pemberat kalau ada pemberat kecenderungan ada di dalam terus kemudian di dalem bisa terbawa arus," ujarnya.

Ia menambahkan, Pihak keluarga bahkan turut andil melakukan pencarian dengan menyewa helikopter dan memantau di posko yang berada di Pelabuhan Merak.

"Keluarga masih berharap (Diketemukan), Tapi rencana yang kita buat mereka tetap melakukan pencarian," tandasnya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Tewas Tenggelam
  2. Orang Hilang
  3. Serang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini