Pencari Suaka Afghanistan Dipindah ke Kantor Eks Kodim di Jakarta Barat

Kamis, 11 Juli 2019 17:09 Reporter : Merdeka
Pencari Suaka Afghanistan Dipindah ke Kantor Eks Kodim di Jakarta Barat Suasana Relokasi Pencari Suaka di Kebon Sirih. ©Liputan6.com/Ratu Annisaa Suryasumirat

Merdeka.com - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi melepas kepergian para pencari suaka asal Afghanistan dari Jalan Kebon Sirih, Jakarta untuk kembali ke Kalideres, Jakarta Barat.

Dia menjelaskan, pihaknya batal memindahkan mereka ke Jakarta Islamic Center (JIC) lantaran jumlahnya yang bertambah.

"Tadinya kan mau ke Jakarta Islamic Center (JIC), tapi karena makin lama makin membanyak akhirnya ditempatkan di Eks Kodim, Jakarta Barat, di Kalideres," ujar Edi di Kantor UNHCR, Kebon Sirih, Jakarta, Kamis (11/7).

Meski begitu, dia memastikan agar pencari suaka mendapatkan tempat yang layak untuk menetap sementara. Namun, Prasetio menegaskan bahwa para pencari suaka tetaplah tanggung jawab dari pihak UNHCR dan bukan Pemprov DKI.

Pemprov DKI hanya akan membantu dan memfasilitasi bila diminta oleh UNHCR. Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah menjelaskan, saat ini para pencari suaka akan ditempatkan di tenda-tenda.

"Sepertinya di Kalideres, ada di aset kita. Makanya saya mau cek ke sana kesiapan tendanya, paling tidak kemudian MCK dan air. Itu di tanah aset Pemda, tetapi kita tempatkan di tenda-tenda," tuturnya.

Para pencari suaka sudah mulai memasuki bus yang akan mengangkut mereka ke wilayah relokasi sejak pukul 15.20 WIB.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat

Sumber: Liputan6.com [bal]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini