Pemprov Sumsel Sesalkan Banyak PNS Bolos Padahal Libur Lebaran Cukup Lama

Senin, 10 Juni 2019 22:05 Reporter : Irwanto
Pemprov Sumsel Sesalkan Banyak PNS Bolos Padahal Libur Lebaran Cukup Lama Ilustrasi PNS. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Hari pertama masuk kerja usai libur lebaran, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Sumatera Selatan masih ada yang bolos kerja. Mereka terancam mendapat sanksi dari atasannya berupa surat peringatan (SP) 1.

Hal itu diketahui dari hasil inspeksi mendadak Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel Nasrun Umar di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Paling tidak ada dua sampai tiga ASN di setiap OPD yang bolos kerja tanpa keterangan.

"Dari setiap OPD ada tiga orang mangkir kerja tanpa keterangan yang jelas, kalau dipersentasikan tak lebih satu persen dari total ASN Pemprov Sumsel," ungkap Nasrun, Senin (10/6).

Meski terbilang sedikit, kata dia, seharusnya ASN tak ada lagi yang membolos. Sebab, pemerintah telah memberikan libur Lebaran cukup lama untuk PNS.

"Waktu libur dan cuti bersama lebih dari cukup, mestinya mereka sadar sudah waktunya kembali bekerja," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan memberikan sanksi tegas sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Ancaman yang diberikan berupa pemotongan tunjangan kinerja.

"Atasan yang bersangkutan harus mengeksekusinya dan hari ini juga saya keluarkan SP 1 bagi yang bolos. Hasil sidak hari ini akan saya laporkan ke Kemenpan RB," tegasnya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. PNS
  2. Jakarta
  3. Lebaran 2019
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini