Pemprov Jabar Mulai Distribusi Seribu APD ke 34 Rumah Sakit

Sabtu, 21 Maret 2020 19:02 Reporter : Aksara Bebey
Pemprov Jabar Mulai Distribusi Seribu APD ke 34 Rumah Sakit Ridwan Kamil Distribusi Alat Pelindung Diri. ©2020 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendistribusikan kurang lebih seribu alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis di puluhan rumah sakit rujukan yang menangani wabah virus corona (Covid-19).

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil kepada lima direktur rumah sakit utama rujukan Covid-19 atau Ring 1 yaitu RS Hasan Sadikin Bandung, RS Paru Dr. H.A. Rotinsulu Bandung, RS Dustira Cimahi, RS Sartika Asih Bandung, dan RSAU Dr M Salamun Bandung.

APD yang merupakan CSR Jasa Sarana Group itu terdiri dari 900 coverall disposable, 396 nurse cap, 390 box sarung tangan rumah sakit, 397 pasang covershoes, 300 lusin sarung tangan kain, 390 safety glass, dan 108 unit cooler box 16 liter.

"Kami mengirimkan APD ke 34 rumah sakit secara merata, tapi simbolis ke lima rumah sakit rujukan utama. Untuk tahap pertama 1000-an APD," ucap Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (21/3).

Ia mengakui jumlah itu masih kurang ideal memenuhi kebutuhan. Untuk itu, penambahan APD akan terus diupayakan. Untuk merealisasikannya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menganggarkan dan sedang dalam proses pembelian peralatan untuk rumah sakit lainnya.

Pembelian pun meliputi peralatan untuk proactive test yakni pengambilan swab sampling Polymerase Chain Reaction (PCR) berupa lendir di hidung dan tenggorokan.

Mekanisme pembagiannya akan dilakukan melalui skala prioritas. Rumah sakit yang berstatus ring 1, yakni yang menangani pasien positif virus corona akan didahulukan. Setelah itu, pembagian dilakukan kepada rumah sakit yang berstatus ring 2. Yakni, rumah sakit yang menangani Pasien Dalam Pengawasan (PDP) atau belum terdapat pasien positif virus corona.

Pria yang akrab disapa Emil ini mengimbau kepada direktur rumah sakit di Jabar untuk terus memberikan perhatian ekstra kepada tenaga medis sebagai garda terdepan dalam proses perawatan pasien Covid-19. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini