Pemda DIY Gelar 5.049 Rapid Test, 99 Orang Diketahui Reaktif

Senin, 27 April 2020 23:58 Reporter : Purnomo Edi
Pemda DIY Gelar 5.049 Rapid Test, 99 Orang Diketahui Reaktif Rapid Test Drive Thru. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Pemda DIY mendapatkan jatah 20.400 alat rapid test dari pemerintah pusat. Dari 20.400 sebanyak 15.900 alat rapid test telah didistribusikan.

Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji menyebut dari 15.900 rapid test yang telah didistribusikan, 5.049 telah diketahui hasilnya. Dari 5.049 hasil rapid test 99 dinyatakan reaktif.

"Dari jumlah yang telah didistribusikan, terdapat 5.049 yang hasilnya sudah dapat diketahui yakni 4.874 negatif, 99 positif, dan terjadi error pada 78 RDT (Rapid Diagnostic Test)," katanya di BPBD DIY, Senin (27/4).

Dia merinci dari 99 rapid test reaktif ini, nantinya akan ditindaklanjuti dengan dilakukan swab test. Warga yang hasil rapid testnya reaktif diminta untuk menjalani isolasi mandiri sembari menunggu hasil swab test keluar.

"Seluruh orang yang melakukan rapid test dengan hasil positif, melakukan prosedur isolasi mandiri di rumah sembari menunggu hasil PCR. Untuk pasien dengan hasil tes negatif, pasien yang bersangkutan harus tetap melakukan physical distancing dengan tetap berada di rumah dan menjalani rapid test ulang 7-10 hari kemudian," ungkapnya.

Rapid test, sambung Ditya, diprioritaskan bagi tenaga medis yang kontak dengan pasien dan pelacakan kontak kasus yang ada di kabupaten atau kota. Selanjutnya rapid test diprioritaskan bagi pendatang, khususnya dari episentrum Corona seperti Jabodetabek.

"Rincian pembagian RDT untuk 30 RS rujukan Covid-19 DIY, Balai Laboratorium Kesehatan dan Kalibrasi, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit DIY (BBTKLPP), Kantor Kesehatan Pelabuhan DIY, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD DIY), dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini